Ngeri! Jimly Bicara Indonesia dalam Pusaran Kemarahan Terkait Praktik Politik Dinasti

banner 400x400

Hajinews.co.id — Pakar hukum tata negara Indonesia, Jimly Asshiddiqie, memberikan pandangannya yang tajam terkait kondisi politik Indonesia saat ini.

Menurutnya, saat ini belum pernah dalam sejarah, banyak orang yang merasa marah seperti yang terjadi saat ini.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Belum pernah dalam sejarah begitu banyak orang marah seperti sekarang,” ujar Jimly dalam keterangannya di aplikasi X @JimlyAs (8/3/2024).

Jimly menyebutkan bahwa kemarahan ini terkait dengan maraknya praktik politik dinasti dan menurunnya moral-etika dalam bernegara.

Praktik politik dinasti, di mana kekuasaan atau jabatan politik diwariskan dari satu anggota keluarga ke anggota keluarga lainnya, menjadi sorotan utama.

“Maraknya praktik politik dinasti dan bejatnya moral-etika bernegara,” ucapnya.

Selain itu, moral-etika dalam bernegara juga dinilai oleh Jimly telah mengalami penurunan yang signifikan.

Hal ini tercermin dalam berbagai tindakan yang dianggap tidak etis dalam dunia politik, seperti kasus korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Meskipun demikian, Jimly juga menyoroti pentingnya untuk tidak hanya fokus pada solusi jangka pendek, melainkan juga memanfaatkan momentum ini untuk melakukan pembenahan sistem ke depan.

Ia mengajak publik dan pemerintah untuk melakukan modernisasi budaya politik dan memperkuat tata sistem pradilan etika.

“Terlepas dari aksi untuk solusi jangka pendek, mari manfaatkan momentum untuk pembenahan sistem ke depan. Mdernisasi budaya politik dan tata sistem pradilan etika,” tandasnya.

Dengan melakukan pembenahan ini, Jimly berharap Indonesia dapat melangkah ke arah yang lebih baik, dengan sistem politik yang lebih bersih, transparan, dan beretika.

sumber

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *