Inilah Nabeez, Minuman Kesukaan Rasulullah Yang Banyak Manfaatnya

air Nabeez
air Nabeez

Hajinews.co.idRasulullah SAW memiliki minuman favorit semasa hidupnya yang disebut “nabeez at-tamr ” atau air kurma. Beberapa hadits mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW menyukai air nabeez.

Nabeez tidak hanya rasanya yang manis tetapi juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, harus berhati-hati saat membuat nabeez, jangan sembarangan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Apa itu nabeez dan apa manfaatnya bagi kesehatan? Simak uraian artikel ini.

Mengenal Nabeez

Nabeez atau disebut nabidh/nabeedh merupakan salah satu minuman yang digemari Rasulullah SAW. Minuman ini terbuat dari kurma atau kismis yang direndam di dalam sebotol air.

Diriwayatkan dari Imam Muslim, Aisyah pernah ditanya tentang air nabeez. Ia lalu memanggil seorang pelayan perempuan dari Habaysah:

“Bertanyalah kepada wanita ini karena beliau pernah membuat nabeez untuk Rasulullah SAW,” kata Aisyah. Kemudian pelayan tersebut menjawab, “Aku pernah membuat nabeez untuk beliau dalam sebuah kantong kulit pada malam hari. Kemudian aku mengikatnya dan menggantungnya. Lalu di pagi hari Rasulullah SAW meminumnya.”

Dari Aisyah ia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah SAW di dalam air minum yang bertali di atasnya. Kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (HR Muslim).

Manfaat Nabeez untuk Kesehatan

Mengkonsumsi nabeez secara rutin diyakini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat nabeez untuk kesehatan.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat nabeez yang pertama adalah dapat melancarkan pencernaan. Mengutip laman The Cognate, hal ini karena nabeez terbuat dari kurma yang mana buah tersebut mengandung serat tinggi.

  1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Mengkonsumsi nabeez secara rutin dipercaya dapat membantu mengeluarkan kotoran yang tertinggal dari proses metabolisme di dalam tubuh.

Selain itu, nabeez juga disebut sebagai racikan air alkali alami, sehingga dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh.

  1. Menghidrasi Tubuh

Bagi yang sedang berpuasa, mengkonsumsi nabeez sangat dianjurkan ketika berbuka. Sebab, nabeez diyakini dapat membantu menghidrasi tubuh setelah berpuasa seharian penuh.

  1. Memberikan Energi Tambahan

Nabeez juga dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh, sehingga tubuh jadi tak mudah lemas ketika beraktivitas selama menjalankan puasa. Sebaiknya konsumsi nabeez saat sahur dan berbuka agar terasa manfaatnya.

  1. Mengontrol Gula Darah

Mengutip e-jurnal berjudul Studi Khasiat Kurma untuk Menghilangkan Racun oleh Siti Julaeha, mengkonsumsi nabeez juga dipercaya mampu mengontrol gula darah dan menurunkan risiko terkena diabetes.

Hal ini karena kurma mengandung banyak vitamin, enzim, dan berbagai mineral yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Cara Membuat Nabeez

Ingin mencoba nabeez namun bingung bagaimana cara membuatnya? Jangan khawatir, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Siapkan 3-4 buah kurma dan 1 gelas kurma
  2. Masukkan air dan kurma ke dalam wadah tertutup, lalu rendam selama semalam
  3. Keesokan harinya, buka wadah tersebut dan tuangkan rendaman air kurma atau nabeez ke dalam gelas
  4. Kini, nabeez sudah bisa dinikmati selagi segar

Tidak Bisa Dibuat Sembarangan

Meski cara membuat nabeez terbilang mudah, namun tetap hati-hati dalam proses pembuatannya. Sebab, jika merendam air kurma lebih dari tiga hari, air tersebut akan berfermentasi dan menghasilkan produk sampingan berupa alkohol.

Hal tersebut dipastikan dengan berbagai riset yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam Fatwa MUI Nomor 10 Tahun 2018 tentang Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol/Etanol, disebutkan bahwa hanya etanol yang berasal dari khamr yang tidak bisa digunakan untuk produk halal karena bersifat haram dan najis.

Apabila tidak berasal dari industri khamr, etanol jenis lain boleh digunakan dengan batasan yang sudah diatur pada fatwa tersebut. Misalnya, etanol sintetik ataupun hasil industri fermentasi non-khamr. Selain itu, disebutkan juga bahwa kadar etanol pada produk akhir minuman ditoleransi kurang dari 0,5% asalkan secara medis tidak membahayakan

Hal ini juga didukung dari hadits riwayat Bukhari Muslim No. 3739 yang menyebutkan, “Telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Mu’adz Al-Anbari telah menceritakan kepada kepada kami, ayahku telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Yahya bin Ubaid Abu Umar Al Bahranidia berkata, saya mendengar Ibnu Abbas berkata,

‘Rasulullah SAW dibuatkan perasan nabeez di awal malam, kemudian beliau meminumnya di pagi harinya, kemudian malam harinya, kemudian lusa dan malam harinya serta keesokan harinya lagi sampai menjelang ashar. Jika perasannya tersebut masih, beliau memerintahkan pelayannya untuk menumpahkannya, atau menyuruhnya untuk ditumpahkan.” (HR Muslim)

Jadi, bisa disimpulkan bahwa nabeez dapat berubah menjadi minuman beralkohol apabila lewat dari tiga hari setelah dibuat. Untuk itu, dianjurkan segera menghabiskan nabeez dalam waktu 1-2 hari agar bisa menikmati kesegaran dan manfaatnya bagi tubuh.

Itu dia penjelasan mengenai nabeez dan manfaatnya bagi kesehatan. Jadi, tertarik untuk membuat nabeez sendiri di rumah?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *