Dapat Meningkatkan Kekuatan Saat Puasa, dr. Zaidul Akbar Menganjurkan Untuk Meminumnya Sesendok Saat Sahur

resep minuman sahur
dr. Zaidul Akbar
banner 400x400

Hajinews.co.id – Saat menjalankan puasa Ramadan, tidak jarang tubuh kita merasa lelah di siang hari saat berpuasa.

Tak perlu dikatakan lagi, cuaca panas dapat menyebabkan dehidrasi.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Tentu saja mineral dalam tubuh harus diganti seluruhnya agar bisa berpuasa hingga berbuka.

Pakar kesehatan dan pendakwahdr. Zaidul Akbar yang sering bagikan informasi pengobatan herbal, berbagi resep minuman herbal yang bisa menambah tenaga saat berpuasa.

Di bawah ini adalah salah satu resep minuman sahur yang dr. Zaidul Akbar berbagi untuk memastikan puasa yang sehat dan kuat selama Ramadan.

Dilansir dari kanal YouTube Bisikan.com pada Kamis (14/3/2024), berikut minuman sahur ala dr Zaidul Akbar yang khasiatnya dapat menyehatkan dan menguatkan tubuh untuk berpuasa selama bulan Ramadan.

“Jadi nanti anda bisa campur kunyit, kencur, campur dengan blackpaper atau lada hitam. Cemplungin aja, gak usah direfil. Kalau sudah selesai masa usianya buang aja,” ucap dr Zaidul Akbar.

“Termasuk juga kurma. Tiap hari minum begini aja, apa yang terjadi? Tubuh anda akan kebanjiran vitamin, mineral semua kebanjiran,” sambungnya.

Tidak hanya minuman tersebut, dr Zaidul Akbar juga menjelaskan beberapa pilihan yang dapat digunakan agar kuat menjalani ibadah puasa selama Ramadan.

Ada beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi bersamaan pada saat sahur maupun berbuka saat puasa di bulan Ramadan.

Pasalnya, buah ini apabila dikonsumsi secara bersamaan dapat memberikan manfaat lebih untuk tubuh.

Adapun buah tersebut adalah kurma, semangka hingga jeruk kata dr Zaidul Akbar.

“Nanti kalau anda makan kurma, Nabi SAW biasa makan kurma dengan semangka. Kenapa? Ternyata sains menjelaskan bahwa Fe atau besi yang ada pada kurma ini itu terikat dengan sangat sempurna dan bisa meningkatkan fungsi Fe itu ketika ketemu dengan vitamin C,” imbuhnya.

“Maka makanlah kurma dengan semangka atau jeruk, kan tinggi itu vitamin C nya atau biar anda kuat tulang-tulangnya, habis anda makan kurma, anda minum perasan jeruk nipis sama madu, wah you are strong man,” lanjutnya.

Namun, dr Zaidul Akbar yang juga dikenal sebagai pakar obat herbal ini mengingatkan untuk tidak berlebihan saat mengonsumsi, utamanya kurma yang sebaiknya cukup dikonsumsi tujuh butir per hari.

Aturan mengonsumsi kurma tujuh butir per hari ini juga berlaku untuk perempuan yang berencana hamil atau sedang hamil.

“Makan kurma boleh nggak? Boleh tiap hari ya tapi tiap hari 7 butir, nggak usah lebih,” ucapnya.

Selain itu, ada ada pilihan lain yang disampaikan oleh dr Zaidul Akbar agar tetap sehat dan kuat untuk menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.

Kata dr Zaidul Akbar, salah satu bahan ini dapat diminum menjelang tidur dan waktu sahur untuk menambah energi hingga protein.

“Ketika malam anda mau tidur, minumlah zaitun satu sendok makan. Ketika anda bangun, sahurnya minum infus beginian (minyak zaitun). Anda makan kurma 3 butir dan minum ini 1 sendok makan cukup,” jelas dr Zaidul Akbar.

Terakhir, dr Zaidul Akbar menjelaskan jika minyak zaitun mengandung mufa atau medium unsaturated fatty acid.

Minyak zaitun juga dikenal sebagai salah satu minyak terbaik yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi jantung, hingga menurunkan kolesterol,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *