Bersiaplah Untuk Puasa Syawal, Ini Adalah Waktu Terbaik Untuk Melaksanakannya

Puasa Syawal
Puasa Syawal
banner 400x400

Hajinews.co.idBulan Ramadan akan segera berakhir, tandanya kita sudah memasuki bulan Syawal. 1 Syawal diperkirakan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Di bulan Syawal ada amalan yang sangat dianjurkan yaitu puasa sunnah. Puasa bulan Syawal, baik berturut-turut maupun tidak, dilaksanakan selama enam hari.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Puasa di bulan Syawal mempunyai keutamaan yang disebutkan dalam hadis riwayat Muslim. Hadits tersebut datang dari Abu Ayyub Al-Anshori yang pernah mendengar sabda Rasulullah SAW.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR Muslim).

Lalu, kapankah waktu yang terbaik untuk melaksanakan puasa Syawal? Berikut penjelasannya mengutip dari laman dream.co.id.

Utama Memulai Puasa Syawal Sehari Setelah Idul Fitri

Tata Cara Puasa Syawal

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim memberikan penjelasan para ulama mazhab Syafi’i bersepakat, paling afdhol melakukan puasa Syawal secara berturut-turut sehari setelah sholat Idul Fitri.

“Namun jika tidak berurutan atau diakhirkan hingga akhir Syawal maka seseorang tetap mendapatkan keutamaan puasa Syawal, setelah sebelumnya melakukan puasa Ramadan. Karena seperti itu pun disebut menjalankan puasa enam hari Syawal setelah Ramadan.”

Ibnu Rajab Al Hambali dalam Lathoiful Ma’arif berpendapat, “Kebanyakan ulama tidak memakruhkan puasa pada tanggal 2 Syawal yaitu sehari setelah Idul Fitri.”

Sementara Syeikh Muhammad bin Rosyid Al Ghofiliy berpendapat,

“Yang lebih utama adalah memulai puasa Syawal sehari setelah Idul Fitri. Ini demi kesempurnaan dan menggapai keutamaan. Hal ini supaya mendapatkan keutamaan puasa segera mungkin sebagaimana disebutkan dalam dalil sebelumnya. Namun, sah-sah saja puasa Syawal tidak dilakukan di awal-awal bulan Syawal karena menimbang mashalat yang lebih besar.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *