Tanggapan Iran Terhadap Negara-Negara Barat Yang Mengutuk Serangan Terhadap Israel

Serangan Terhadap Israel
Serangan Terhadap Israel
banner 400x400

Hajinews.co.idSerangan Iran terhadap Israel menuai berbagai kritik, termasuk dari negara-negara Barat. Menanggapi kritik ini, Iran menyinggung kejahatan perang yang dilakukan Israel.

Sekadar informasi, Iran melancarkan serangan udara terhadap Israel pada Sabtu (13/4) sebagai respons atas serangan udara terhadap fasilitas diplomatiknya di ibu kota Suriah pada 1 April. Setidaknya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal senior, tewas dalam serangan ini.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Meskipun Iran mengklaim telah menyerang sasaran militer tertentu, Israel mengklaim bahwa sebagian besar serangan tersebut dicegat oleh sistem pertahanan udara, meskipun satu rudal menghantam pangkalan militer di selatan.

Kecaman Negara Barat

Amerika Serikat

Salah satu yang mengecam keras yakni Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengutuk keras serangan Iran ke Israel.

Dilansir BBC, Minggu (14/4), Biden mengatakan ia telah mengarahkan pesawat militer AS beserta kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama sepekan terakhir.

“Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari anggota militer kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk,” kata Biden.

“Saya mengutuk keras serangan-serangan ini.” sambungnya.

Joe Biden menyatakan kembali dukungan teguh negaranya untuk Israel setelah rentetan serangan drone dan rudal Iran menghujani sekutunya tersebut. Namun demikian, Biden menegaskan Washington tidak mendukung segala bentuk serangan balasan Israel terhadap Iran

Seperti dilansir CNN dan Axios, penegasan itu disampaikan oleh Biden saat berbicara via telepon dengan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu pada Sabtu (13/4) waktu AS atau Minggu (14/4) waktu Israel, setelah serangan udara Iran menghujani wilayah Israel.

Saat berbicara kepada Netanyahu via telepon, Biden “menegaskan kembali komitmen teguh Amerika” terhadap keamanan Israel.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa Israel menunjukkan kapasitas luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya — mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak bisa secara efektif mengancam keamanan Israel,” ujar Biden.

Namun menurut sejumlah pejabat senior pemerintahan AS yang enggan disebut namanya, Biden juga menegaskan kepada Netanyahu bahwa AS tidak akan berpartisipasi dalam operasi serangan apa pun terhadap Iran, dan tidak akan mendukung operasi semacam itu.

Inggris

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, mengatakan akan melindungi keamanan Israel dan negara-negara tetangganya. Inggris mengupayakan stabilitas keamanan di kawasan Timur Tengah untuk mencegah pertumpahan darah.

“Saya mengutuk sekeras-kerasnya terhadap serangan sembrono rezim Iran terhadap Israel. Iran sekali lagi maksudnya untuk menuai kekacauan di halaman belakang rumahnya sendiri,” cuit Sunak di akun X-nya, Mingu (14/4/2024).

“Inggris (UK) akan terus membela keamanan Israel dan semua sahabat regional kami, termasuk Yordania dan Irak,” cuit Sunak.

Jerman

Dilansir BBC, Jerman juga “mengutuk sekeras-kerasnya” serangan Iran terhadap Israel. Hal ini disampaikan oleh Kanselir Olaf Scholz lewat juru bicara.

“Dengan serangan yang tidak bertanggung jawab dan tidak dapat dibenarkan ini, Iran mempertaruhkan konflik regional. Jerman berada di sisi Israel,” kata juru bicara tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *