BREAKING NEWS: Palestina Meraih Kemenangan Besar di Majelis Umum PBB

Palestina Meraih Kemenangan Besar
The results of a vote on a resolution for the UN Security Council to reconsider and support the full membership of Palestine into the United Nations is displayed during a special session of the UN General Assembly, at UN headquarters in New York City on May 10, 2024. - A veto from the United States during an April 18, 2024 UN Security Council meeting previously foiled the Palestinians' drive for full UN membership. (Photo by Charly TRIBALLEAU / AFP)
banner 400x400

Hajinews.co.idSebagian besar negara anggota PBB sepakat mendukung dan kemudian menyetujui resolusi perluasan hak-hak Palestina di PBB. Resolusi yang diambil Majelis Umum PBB didukung oleh 143 negara, hanya 9 negara yang menentang dan 25 negara abstain.

Pengesahan rancangan resolusi memberi Palestina lebih banyak hak dan keistimewaan di PBB. Mereka saat ini bukan negara pengamat, namun mereka telah berjuang untuk menjadi anggota badan ini selama bertahun-tahun.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

AS sudah memveto uji coba tersebut bulan lalu. Namun, Majelis Umum mengadakan sidang darurat, yang meskipun tidak memutuskan keanggotaan penuh Palestina, namun memberi mereka hak dan keistimewaan yang besar di PBB. Termasuk bergabung dengan berbagai organisasi dan badan PBB yang sebelumnya tidak dapat mereka ikuti.

Aljazirah melansir, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengapresiasi dukungan negara-negara di PBB tersebut. Ia mengatakan Palestina akan terus mendorong keanggotaan penuh di PBB setelah pemungutan suara Majelis Umum hari ini. Dia mengatakan pengesahan resolusi tersebut menunjukkan bahwa dunia mendukung hak dan kebebasan rakyat Palestina, dan menentang penjajahan Israel.

Daftar pilihan negara anggota PBB atas resolusi perluasan hak Palestina di PBB dalam sidang pada Jumat (10/5/2024). – (PBB)

Sebelum pemungutan suara, duta besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour memberikan pidato berapi-api di hadapan Majelis Umum PBB

“Suara Anda hari ini tentu saja mencerminkan solidaritas Anda terhadap Palestina dan juga tentang siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan. Hal ini penting dan saya tahu sebagian besar dari Anda akan kembali berdiri bersama rakyat Palestina pada saat mereka membutuhkan dan Anda akan membela perdamaian yang adil dan abadi demi kepentingan semua orang,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *