Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Arab Saudi, Banyak Jemaah Haji Yang Dehidrasi

Jemaah Haji Indonesia Yang Dehidrasi
Jemaah Haji Indonesia Yang Dehidrasi
banner 400x400

Dikatakan banyak jamaah haji yang tidak sadar mengalami dehidrasi karena fokus menjalankan ibadah.

Padahal, seharusnya, jamaah haji buang air kecil minimal setiap jam. Hal ini sebagai tanda tubuh terhidrasi dengan baik.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Suasana di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Petugas mencatat banyak ditemukan kasus dehidrasi karena jemaah menahan haus.

“Semakin sering kencing lebih bagus. Mending sering ke toilet daripada sering ke rumah sakit,” kata Karmijono mengingatkan.

Untuk itu dia mengingatkan jamaah haji banyak mengkonsumsi air minum. Karmijono menganjurkan jamaah minum air zamzam yang tidak dingin agar bisa langsung diterima dengan baik suhu tubuh.

Kemudian dikatakan jika selama di Arab Saudi, jamaah haji juga jarang berkeringat dan hal ini pun dianggap sebuah kewajaran.

Padahal, penyebab mereka tidak berkeringat karena kondisi cuaca yang terik dan panas, sehingga keringat yang dihasilkan langsung menguap.

Selain itu jamaah juga diminta untuk tidak memaksakan diri menjalankan ibadah sunah ketika berada di Arab Saudi, baik saat di Madinah maupun Mekkah.

Karmijono berharap jamaah haji lansia dan memiliki penyakit bawaan, tak memaksakan diri untuk ibadah sunah agar tidak lelah. Hal ini semata demi menjaga kesehatan jamaah menuju rangkaian puncak haji.

“Tidak ada petugas yang melarang pasien untuk beribadah tetapi agar jamaah itu juga menyadari kemampuannya sendiri,” kata Karmijono.

“Kalau memang sudah lelah, jangan dipaksa, tetap istirahat. Allah mengundang jamaah ke Arafah bukan ke sini (KKHI-red),” ujarnya.

Sumber: wartakota

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *