Kultum 444: Sempurnanya Umur Panjang  

Amir bin Abd Qais
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Akan tetapi, diperbolehkan untuk mengharapkan kematian, dan tidak ada salahnya melakukannya, ketika seseorang takut akan penganiayaan yang membahayakan imannya, seperti yang ditunjukkan oleh doa Rasulullah dalam hadits qudsi, Allah Ta’ala berfirman,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ

Bacaan Lainnya
banner 400x400

الْمُنْكَرَاتِ وَحُبَّ الْمَسَاكِينِ وَأَنْ تَغْفِرَ

لِى وَتَرْحَمَنِى وَإِذَا أَرَدْتَ فِتْنَةَ قَوْمٍ

فَتَوَفَّنِى غَيْرَ مَفْتُونٍ أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ

مَنْ يُحِبُّكَ وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُ إِلَى حُبِّكَ

Artinya:

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta aku memohon pada-Mu supaya bisa mencintai orang miskin, ampunilah (dosa-dosa)ku, rahmatilah saya, jika Engkau menginginkan untuk menguji suatu kaum maka wafatkanlah saya dalam keadaan tidak terfitnah. Saya memohon agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu dan mencintai amal yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu (HR. Tirmidzi no. 3235 dan Ahmad 5: 243).

Umar biasa berdoa dengan kata-kata ini, “Ya Allah!, bawalah aku kepada-Mu sebelum aku lalai dalam menjalankan kewajibanku atau melampaui batasku”. Hal ini dilaporkan oleh Malik (Jilid 4, hlm. 14). Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa kesempurnaan umur panjang itu diperkaya dengan perbuatan baik.

Diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Abu Bakrah atas otoritas ayahnya bahwa seorang pria bertanya, “Ya Rasulullah! Siapakah yang terbaik dari semua orang?” Dia menjawab, “Dia yang berumur panjang dan melakukan perbuatan baik”. Pria itu bertanya, “Dan siapa pria yang paling buruk?” Nabi, Shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Dia yang berumur panjang tetapi melakukan kejahatan” (HR. Ahmad, dan at-Tirmidzi mengatakan itu adalah hadits yang sahih). Allahu ya’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini membuat kita semakin bersyukur karena dijadikan Allah hamba yang berislam dan beriman; kalau sekiranya kultum ini bermanfaat bagi yang lain, mari kita share agar menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *