Kultum 445: Do’a yang Dibaca Saat Gempa

Do’a yang Dibaca Saat Gempa
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Ulama besar Zakariya al-Ansari Rahimahullah berkata, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda ketika angin bertiup kencang, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan apa yang ada di dalamnya dan kebaikan apa yang dibawanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang ada di dalamnya dan keburukan apa yang dikirim dengannya” (HR. Muslim). Adapun mengenai do’a saat gempa, tidak ada bukti dalam sunnah sejauh yang diketahui yang menunjukkan bahwa ada dzikir atau do’a tertentu yang wajib dibaca ketika terjadi gempa bumi. Sebaliknya seseorang harus berdoa seperti yang diilhamkan oleh Allah untuk meminta rahmat dan bantuan dari Allah Subhanahu wata’ala sehingga Dia dapat mengalihkan bencana dari tempat tertentu.

Adalah mustahab untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang miskin dan yang membutuhkan, dan untuk memberi sedekah kepada mereka, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tunjukkan kasih sayang, maka kamu akan disayangi” (HR. Ahmad). Rasulullah juga bersabda, “Mereka yang menunjukkan belas kasihan akan disayangi oleh Yang Maha Penyayang. Kasihanilah yang di bumi dan Yang di surga akan menyayangimu” (HR. al-Tirmidzi). Allah Subhanahu wata’al berfirman,

Bacaan Lainnya
banner 400x400

وَالۡمُؤۡمِنُوۡنَ وَالۡمُؤۡمِنٰتُ بَعۡضُهُمۡ اَوۡلِيَآءُ

بَعۡضٍ‌ۘ يَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ

الۡمُنۡكَرِ وَيُقِيۡمُوۡنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤۡتُوۡنَ

الزَّكٰوةَ وَيُطِيۡعُوۡنَ اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ‌ؕ اُولٰۤٮِٕكَ

سَيَرۡحَمُهُمُ اللّٰهُؕ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ

Artinya:

Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana (QS. At-Taubah, ayat 71).

Lihat juga Surat at-Taubah, ayat 71, dan surat al-Hajj, ayat 40 – 41, serta surat at-Talaq, ayat 2 – 3. Dan ada banyak ayat dengan arti yang senada (Majmu’ Fatwa Ibn Baz, 9/150 – 152). Dan Allah lebih tahu.

Semoga sedikit yang kita baca ini membuat kita semakin bersyukur karena dijadikan Allah hamba yang berislam dan beriman; kalau sekiranya kultum ini bermanfaat bagi yang lain, mari kita share agar menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                        —ooOoo—

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *