Hukum Merokok Menurut Gus Baha: Rokok Itu Haram, Bakar Saja!

Hukum Merokok Menurut Gus Baha
Gus Baha
banner 400x400

Soal hukum rokok atau merokok, Gus Baha memilih bersikap bijaksana berdasarkan keilmuan dan kepakaran beliau. Tidak langsung memvonis bahwa merokok itu haram atau merokok itu halal. Gus Baha cenderung memberi penjelasan sesuai kaidah Islam berdasarkan kondisi yang merokok.

Di beberapa kanal Youtube, Gus Baha pernah membahas soal hukum merokok ini. Misalkan, beliau menceritakan pengalamannya saat dimintai fatwa oleh seorang kyai kampung yang lebih tua usianya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kyai kampung itu mengatakan bahwa hiburan satu-satunya ketika setelah salat Isya itu ngobrol dan merokok. Itu dilakukan dengan teman-teman mondok dulu. Merokoknya di pojok musala atau surau.

“Satu-satunya hiburan ya, merokok di pojok musala. Karena di pagi hari takut istri, pekerjaan saya ya yang sebisa yang lakukan di siang hari. Hiburan saya ya hanya seperti tadi itu Gus (merokok),” ujar kyai kampung tadi.

“Kalau itu diharamkan Gus, saya tidak bakalan punya hiburan, harta dunia tidak punya (banyak), satu-satunya (hiburan) ya hanya itu Gus. Saya itu kiai (kampung) Gus, mau menonton dangdut ya tidak pantas,” ujar Gus Baha menirukan kyai kampung tadi.

“Sudah Mbah, untuk jenengan (anda) halal,” jawab Gus Baha waktu itu yang diceritakan di depan jemaah dengan disambut tertawa oleh jamaah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *