Kurban Seekor Kambing Merupakan Pahala Bagi Satu Orang Atau Sekeluarga? Ini Kata UAH

Kurban Seekor Kambing Merupakan Pahala
Ustadz Adi Hidayat
banner 400x400
  1. Mendapatkan keberkahan di dunia

Dengan berkurban kita akan mendapatkan keberkahan yang melimpah karena melaksanakan perintah Allah SWT, dan ibadah ini untuk menolong sesama umat Islam, terutama yang kurang mampu.

  1. Sebagai penghapus dosa

Berdasarkan hadits Nabi SAW, yang diriwayatkan Al-Bazzar dan Ibnu Hibban, beliau mengatakan, “Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya tetesan darahnya yang pertama itu adalah pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu.”

Bacaan Lainnya
banner 400x400

  1. Sebagai ungkapan rasa syukur

Dengan berkurban, kita terus meningkatkan rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Nikmat yang diberikan oleh Allah SWT tidak ada habisnya kepada kita sebagai umat Islam. Sudah sepatutnya kita terus bersyukur atas nikmat yang diberikan.

Dalil tentang kurban bersumber dari perintah Allah SWT. pada Q.S. Surah Al-Hajj, ayat 34-35:

“Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah hati mereka bergetar, orang yang sabar atas apa yang menimpa mereka dan orang yang melaksanakan shalat dan orang yang menginfakkan sebagian rezeki yang Kami karuniakan kepada mereka.”

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *