Dulu Kasih Rapor Merah, Kini PDIP Buka Peluang Usung Duet Anies-Pras di Pilkada Jakarta 2024

banner 400x400

Hajinews.co.id — DPD PDIP DKI Jakarta membuka peluang menduetkan Anies Baswedan dengan Prasetyo Edi Marsudi di Pilkada Jakarta 2024.

Kedua sosok ini dinilai saling melengkapi lantaran Anies pernah menduduki jabatan eksekutif sebagai Gubernur DKI Jakarta pada periode 2017-2022 lalu.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sedangkan, Prasetyo punya pengalaman selama 10 tahun duduk di legislatif sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta.

Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Adi Wijaya pun tak menampik adanya isu duet Anies-Pras ini.

“Ya alhamdulilah saja (jika diduetkan),” ucap politik senior yang akrab disapa Aming ini saat ditemui di Kantor DPD PDIP di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (22/5/2024).

Aming mengakui, Anies masih memiliki basis dukungan yang besar di Jakarta sehingga peluangnya menang pun cukup besar.

Hal ini bisa terlihat dari hasil Pemilu 2024 lalu dimana tiga partai pengusung Anies, yaitu PKS, NasDem, dan PKB mengalami lonjakan suara cukup besar di Pileg DPRD DKI Jakarta.

“Pak Anies kuat yah di DKI, itu harus diakui kalau kita lihat kemarin yang mendukung pak Anies, semua (partai koalisi suaranya naik semua,” ujarnya.

Wacana ini semakin berhembus kencang lantaran PDIP tak dapat sendirian mengajukan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Sebab pada periode 2024-2029, partai banteng merah itu hanya memiliki 15 kursi DPRD DKI Jakarta.

Sedangkan syarat untuk bisa mengusung paslon gubernur dan wagub ialah 22 kursi, sehingga PDIP harus berkoalisi dengan partai lain untuk menggenapi kekurangan jumlah kursi.

Aming pun menyebut, sampai saat ini pihaknya sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai politik lainnya, salah satunya dengan PKS.

Hanya saja, Aming menampik komunikasi politik PKS juga membahas perihal Pilkada Jakarta 2024.

“Kami bicara mengenai alat kelengkapan dewan, bicara mengenai ke depan gitu aja. Untuk Pilgub belum. Karena saya enggak berani mendahului DPP,” tuturnya.

 

PKS DKI Usung Anies di Pilkada Jakarta

Sebagai informasi, DPW PKS DKI Jakarta baru saya mengeluarkan keputusan yang bakal kembali mengusung Anies di Pilkada Jakarta 2024.

Meski demikian, keputusan soal siapa yang akan diusung PDIP sepenuhnya berada di tangan DPP partai.

DPD PDIP DKI Jakarta pun baru akan menyodorkan nama Prasetyo dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar di Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (24/5/2024) ini hingga Minggu (26/5/2024) mendatang.

“Setelah Rakernas kita lihat saja bagaimana, (sosok yang diusung di Pilkada Jakarta 2024) urusannya DPP. Kami enggak punya hak soal ini,” kata dia.

Untuk diketahui, saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, PDIP menjadi partai yang paling getol mengkritik kebijakan Pemprov DKI Jakarta.

Salah satu yang paling dikritik ialah soal penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E.

Di akhir kepemimpinan Anies, PDIP bahkan memberikan rapor merah kepada eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

sumber

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *