Kultum 462: Berbagai Hikmah Berkurban

Berbagai Hikmah Berkurban
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Dengan mendapat ridha Allah, tentulah yang berkurban juga akan mendapatakan maghfirah dari Allah Subahanhu wata’ala. Rasulullah telah bersabda, “Hai Fatimah,berdirilah di sisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu” (HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban).

Lebih dari itu, kurban akan menjadi penolong di hari kiyamat nanti. Ada beberapa riwayat yang menjelaskan bahwa hewan kurban yang disembelih akan menjadi penolong bagi pengkorban di akhirat dan akan membawa kebaikan baginya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih hewan Kurban. Sungguh hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan kurban itu” (HR.Al-Tarmuzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim). Allahu ya’lam.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat dan pelajaran bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi pembaca yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *