Hikmah Malam: Doa Orang yang Menghina Kita dan Cara Bersikap

Doa Orang yang Menghina Kita
Doa Orang yang Menghina Kita
banner 400x400

Hajinews.co.idDalam kehidupan bermasyarakat, besar kemungkinannya ada orang lain yang tidak menyukai kita. Bahkan mungkin ada orang yang terang-terangan menghina kita.

Sebagai umat Islam hendaknya kita menyikapinya sesuai dengan tuntunan yang benar, termasuk mendoakan orang tersebut. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang doa untuk orang yang menyakiti kita dan bagaimana kita menyikapinya menurut pendapat para ulama.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Doa untuk Orang yang Menghina Kita

Bagaimanakah doa untuk orang yang menghina kita sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad saw? Nabi Muhammad sendiri sering mendapat hinaan dari kaum kafir. Beliau mencontohkan untuk mengucapkan doa yang baik.

  1. Memohonkan Ampun

Ketika mendapatkan hinaan, Rasulullah saw memohon kepada Allah SWT agar dosa-dosa orang tersebut diampuni. Ucapan Rasulullah berikut ini dapat kita contoh adalah sebagai berikut:

اللهم اغفر لقومي، فإنهم لا يعلمون

Arab latin: Allahummaghfir li qaumi fa innahum la ya’lamun.

Artinya: “Ya Allah ampunilah kaumku, (mereka berbuat demikian) karena mereka tidak mengetahui.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Doa Minta Perlindungan Allah dari Fitnah

Hinaan dapat berupa fitnah. Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu Lampung, KH Sujadi, yang dilansir NU Online, mengatakan agar sebaiknya muslim tetap bersabar dan berlindung kepada Allah.

Hal ini pernah dialami Siti Maryam ibunda Nabi Isa yang difitnah kaumnya. Doa Maryam termaktub dalam surat Ali Imran ayat 173:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ

Arab latin: Hasbunallah wa ni’mal wakil. Ni’mal maula wa ni’man nasir

Artinya: “Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung”.

Ayat tersebut dapat menguatkan hati kita menghadapi fitnah dan meyakini bahwa Allah yang akan menolong kita.

  1. Mendoakan agar Berlapang Dada

Orang lain menghina kita karena mungkin merasa iri dan dengki. Berikut ini doa untuk orang yang menghina kita karena merasa iri dan dengki:

اللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِحَاسِدِيْنَا فَإِنَّهُمْ لِمَا عِنْدَهُمْ مِنَ الضَّيْقِ لَا يَحْتَمِلُوْنَ رُؤْيَةَ النِّعَمِ الَّتِي عَلَيْنَا دُوْنَهُمْ، وَلَوِ اتَّسَعَتْ نُفُوْسُهُمْ لَمْ يَقَعُوْا فِي حَسَدِنَا

Arab latin: Allâḥummaghfir li hâsidînâ, fa innahum li mâ ‘indahum minadl dlaiqi lâ yaḫtamilûna ru’yatan ni’amil latî ‘alainâ dûnahum. Wa law ittasa’at nufûsuhum lam yaq’û fî hasadinâ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah para pendengki kami karena mereka dalam kesempitan hatinya tidak kuat melihat nikmat-nikmat yang dianugerahkan pada kami, bukan pada mereka. Andai berhati lapang, mereka tentu takkan iri dengki kepada kami,”(Imam Abdul Wahab As-Sya’rani, Tanbihul Mughtarrin, [Semarang, Thaha Putra: tanpa tahun], halaman 37).

Cara Menyikapi Hinaan dari Orang Lain

Mendapat hinaan dari orang lain mungkin akan membuat hati kita sakit dan bersedih. Namun bukan berarti kita harus membalasnya dengan hal serupa atau mendoakannya dengan keburukan.

Berikut ini cara menyikapi hinaan dari orang lain sesuai dengan pandangan ulama

  1. Dianjurkan Mendoakan yang Baik

Kitab Syarah Hisnul Muslim karya Syaikh Majdi Abdul Wahab Al-Akhmadi menjelaskan adanya hadits tentang anjuran berdoa untuk kebaikan. Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW pernah menjenguk seseorang dari kaum muslimin yang sudah sangat kurus seperti seekor anak ayam.

Beliau bertanya orang tersebut, “Apakah kamu sudah berdoa memohon sesuatu atau meminta kepada-Nya?”

Orang itu menjawab, “Ya, aku telah mengatakan, ‘Ya Allah, apa yang telah Engkau tentukan hukumanku di akhirat, tolong segerakanlah hal itu untukku di dunia.”

Rasulullah SAW lalu bersabda, “Maha Suci Allah. Bukankah sebaiknya kamu berdoa saja, ‘Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhriat, serta jagalah kami dari azab neraka.’”

Setelah itu, Rasulullah SAW mendoakan orang itu kepada Allah SWT dan orang itu kemudian sembuh. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim.

  1. Jangan Melewati Batas

Dalam kitab Bidayatul Hidayah, Imam Al-Ghazali mengingatkan agar tidak mendoakan jelek kepada orang yang menzalimi kita. Dikhawatirkan bobot doa kita melebihi batas kezaliman orang tersebut, sehingga justru kita yang berbalik berbuat zalim kepadanya.

Hal ini sebagaimana keterangan Syekh M Nawawi Banten yang menjelaskan Kitab Bidayatul Hidayah tersebut.

السابع الدعاء على الخلق) بالهلاك (فاحفظ لسانك عن الدعاء على أحد من خلق الله تعالى، وإن ظلمك) أحد (فكل) أي فوض (أمره) الظالم (إلى الله تعالى) واكتف به تعالى (ففي الحديث إن المظلوم ليدعو على ظالمه) بالهلاك (حتى يكافئه) يقابله في ثقل المظلمة (ثم يبقى للظالم فضل) زيادة (عنده) المظلوم (يطالب به) أي يطلب الظالم من المظلوم ذلك الفضل (يوم القيامة)

Artinya: “Peliharalah mulutmu agar tidak mendoakan seorang pun dari makhluk Allah sekalipun kamu dizalimi oleh orang tersebut. (Pasrahkan) serahkan (urusannya) masalah orang yang menzalimi[mu] (kepada Allah). Cukup Allah yang menyelesaikannya. (Dalam hadits disebutkan, ‘Sungguh, orang yang dizalimi mendoakan) kebinasaan (untuk orang yang menzaliminya sampai lunas terbayar) pembalasan dengan kezaliman yang setimpal (tetapi yang tersisa kemudian adalah kelebihan) ketambahan (hak orang yang berbuat zalim terhadapnya) terhadap orang yang dizalimi (yang akan dituntut olehnya), maksudnya orang yang zalim kelak akan menuntut kelebihan haknya terhadap orang yang dizaliminya (pada hari kiamat).” (Syekh M Nawawi Banten, Maraqil Ubudiyyah ala Bidayatul Hidayah).

  1. Berintrospeksi Diri

Salah satu Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak dalam akun Facebook miliknya, Jumat (24/11/2023), menjelaskan sikap yang harus dilakukan ketika ada orang yang menghina kita adalah berintrospeksi.

“Dari orang yang mencela, kita harus mengambil pelajaran dari ucapan mereka karena dia itu menunjukan kekurangan kita. Untuk itu, baik ada orang yang menghina maupun mencemooh dan membenci kita, kita sama-sama tahu itu menunjukkan apa yang salah pada diri kita dan harus diperbaiki,” tuturnya.

  1. Doa Buruk untuk Orang Kafir Zalim

Dikutip dari situs Institut Agama Islam Sahid, sebagian ulama memperbolehkan berdoa keburukan jika hinaan dilakukan oleh orang kafir yang zalim dan menginjak kemuliaan agama Islam.

Namun jika hinaan tidak sampai menginjak kemuliaan agama, cukuplah berdoa agar mendapatkan ampunan dan diberikan taubat.

Hal ini dijelaskan oleh Ibnu hajar Al-asqolani dalam Fathul Bari Syarah Shohih Bukhari, Jilid 1 halaman 352 yang mengomentari hadits mengenai Nabi yang pernah mendoakan Abu Jahal dkk dengan kebinasaan.

“Dan dalam hadits tersebut ada kebolehan mendoakan keburukan untuk orang zalim. Akan tetapi sebagian ulama berkata: tempat diperbolehkan doa itu adalah apabila orang yang zalim itu adalah orang kafir. Adapun orang muslim, maka sunnahnya adalah memintakan ampunan dan mendoakan agar bertobat.”

Syekh Badruddin Al-Aini menjelaskan dalam Umdatul Qori, orang kafir yang kezalimannya sampai menginjak kemuliaan islam boleh didoakan dengan kebinasaan.

“Sebagian ulama berkata: apabila mereka (orang kafir yang zalim) menginjak-injak kemuliaan agama maka didoakan dengan kebinasaan, apabila tidak sampai menginjak-injak maka didoakan agar diberi tobat.” (Umdatul Qori jilid 7 hal 27)

Nah, itulah tadi sejumlah doa untuk orang yang menghina kita. Jika menerima hinaan, sebaiknya kita menyikapinya sesuai tuntunan Nabi Muhammad dan para ulama. Wallahu a’lam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *