Kultum 476: Jika Lalat Jatuh ke Dalam Minuman

Jika Lalat Jatuh ke Dalam Minuman
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Larva lalat daging hijau (Lucilia sericata) menghasilkan sekresi antibakteri yang memiliki efek terapeutik pada luka kronis dan non-penyembuhan. Kemajuan terbaru dalam bioteknologi serangga telah memungkinkan untuk menggunakan larva ini sebagai sumber anti-infeksi baru yng demikian ini. Dilaporkan juga bahwa ditemukan pemurnian dan karakterisasi peptida seperti checropin baru dengan aktivitas antimikroba dan anti-inflamasi dari kelenjar ludah lalat hitam.

Para ahli bioteknologi telah mengembangkan metode untuk mengekstrak bahan aktif dari minyak larva lalat tentara hitam. Senyawa ini memiliki sifat antimikroba yang unik dan dapat menghancurkan bakteri penyebab penyakit tanaman pertanian dan resisten terhadap antibiotik. Faktanya, penelitian ilmiah lain menegaskan keajaiban ini kata demi kata. Antibiotik yang terdapat pada sayap kiri lalat mampu menghancurkan bakterinya sendiri. Sayap kiri lalat dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif penyakit E. Coli. Selain itu, penawar pada sayap lalat ini dapat menggantikan obat-obatan sintetis.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sebelumnya telah ditetapkan bahwa lalat rumah adalah pembawa patogen berbahaya dari hewan dan manusia. Bahkan para pengkritik hadits ini harus mengakui bahwa tidak seorang pun pada zaman Nabi tahu bahwa lalat membawa organisme berbahaya seperti itu. Mereka tidaktahu dari mana pengamatan “racun di salah satu sayapnya” berasal.

Selain itu, secara logis bisa dikatakan bahwa jika lalat tidak membawa semacam perlindungan dalam bentuk penawar atau kekebalan, ia akan binasa binasa karena bebannya sendiri yang berbisa dan akibatnya tidak akan ada lagi lalat yang tersisa di dunia. Sungguh Hadits shahih ini menunjukkan adanya karunia Allah Subhanahu wata’ala, walau masih ada orang yang tidak percaya meskipun Allah telah berfirman,

وَلَوۡ جَآءَتۡهُمۡ كُلُّ اٰيَةٍ حَتّٰى

يَرَوُا الۡعَذَابَ الۡاَ لِيۡمَ

Artinya:

Meskipun mereka mendapat tanda-tanda (kebesaran Allah), hingga mereka menyaksikan azab yang pedih (QS. Yunus, ayat 97). Allahu ya’lam.

Semoga yang kita baca ini menjadi pengingat menambah iman kita, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh                              —ooOoo—

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *