Pentingnya Menjaga Kesehatan Liver, Disarankan Untuk Tidur Sebelum Jam 11 Malam

Pentingnya Menjaga Kesehatan Liver
Liver
banner 400x400

Hajinews.co.idMenjaga kesehatan dengan tidur tepat waktu merupakan hal penting yang diabaikan banyak orang. Padahal, tidur yang cukup dan teratur berperan penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Saat Anda tidur nyenyak, ada organ dalam tubuh yang bertugas melakukan proses detoksifikasi. Bagian tubuh ini biasa disebut hati atau liver. Sekadar informasi, liver merupakan organ tubuh yang paling berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Mulailah dengan mengunggah video Dr. Cahyono di akun Instagram pribadinya, Jumat (21 Juni 2024), pakar pengobatan holistik, dr. Cahyono menjelaskan, liver tidak hanya menjalankan satu atau dua fungsi saja, melainkan memiliki lebih dari 500 fungsi berbeda.

Hal ini menjadikan liver sebagai organ dengan beban kerja yang paling berat dalam tubuh manusia, bahkan melebihi fungsi-fungsi organ lain seperti jantung dan ginjal.

“Liver memiliki 500 fungsi, jadi organ yang paling berat kerjanya adalah liver. Kalau jantung satu fungsi mompa darah selesai. Ginjal punya dua fungsi, tetapi liver memiliki 500 fungsi,” tutur dr Cahyono.

Selanjutnya, salah satu fungsi utama liver adalah melakukan proses detoksifikasi atau membersihkan tubuh dari sisa-sisa metabolisme yang dapat menyebabkan oksidasi dan pembentukan radikal bebas. Detoksifikasi ini terjadi pada rentang waktu antara jam 11 malam hingga jam satu pagi, ketika tubuh sedang dalam kondisi tidur yang pulas.

Pada saat itu, liver bekerja keras untuk menghilangkan toksin dan zat-zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh. Ketika seseorang tidak tidur pada rentang waktu yang krusial ini, proses detoksifikasi liver bisa terganggu. Hal ini kemudian dapat mengakibatkan gangguan pada metabolisme tubuh.

“Kapan waktunya liver bersih bersih? 11:00 sampai dengan 1:00 malam di saat tidur pulas. Nah kalau bapak ibu pada jam itu tidak tidur, apa yang terjadi? Liver tidak bisa melakukan tugasnya bersih bersih. Pada akhirnya metabolismenya terganggu. Karena apa? Karena terjadinya oksidasi yang tidak dapat dinetralisir oleh tubuhnya,” kata dr Cahyono.

Untuk itu, agar dapat menjaga kesehatan liver dan mendukung proses detoksifikasi pastikan untuk tidur pada jam yang cukup. Khususnya antara jam 11 malam hingga 1 pagi agar liver memiliki waktu yang optimal untuk melakukan detoksifikasi.

Dengan menjaga kesehatan liver, kita tidak hanya mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan tetapi juga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit yang berhubungan dengan gangguan metabolisme dan toksin dalam tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *