10 Minuman Mengatasi Badan Lemas dan Berenergi Kembali

Minuman Mengatasi Badan Lemas
Jus Alpukat
banner 400x400

Hajinews.co.idKondisi lemas dan kekurangan tenaga dapat mempengaruhi produktivitas manusia. Oleh karena itu, ada beberapa minuman yang menghilangkan badan lemas dan menambah energi yang patut untuk dicoba.

Menurut KBBI, lemas adalah keadaan kekurangan tenaga. Kelemahan juga bisa disebut lemas. Menurut buku “Perisai Segala Penyakit’ oleh Li Partic dan Tim Indscript Creative, seseorang yang merasa lemas biasanya mengalami gejala akibat kelelahan. Hal ini meningkatkan kemungkinan beberapa efek samping. Misalnya, kurangnya konsentrasi dapat menyebabkan penurunan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Rasa lemas pada tubuh biasanya disebabkan oleh berbagai sebab. Misalnya, Anda mungkin memiliki tekanan darah rendah, kurang berolahraga, kurang tidur, atau mengalami perubahan musim.

Salah satu cara mengatasi rasa lemas adalah dengan menambah energi dengan minuman. Jelas ada beberapa minuman untuk mengatasi rasa lemas dan memulihkan tenaga yang patut untuk dicoba. Apakah saja itu? Lihat opsi di bawah ini.

Minuman untuk Mengatasi Badan Lemas

Dirangkum dari buku ‘Eating Clean Makan Sehat Itu Mudah: 101 Resep Masakan Rumahan Sederhana’ karya Inge Tumiwa-Bachrens, ‘Makanan Sehat untuk Menjaga Kulit Bersinar: Motivasi Kesehatan Kulit’ oleh Satyo Pijar, ‘Teh dan Khasiatnya: Serba-Serbi Minuman yang Menenangkan’ karya M Sumarto, hingga laman Eating Well dan Medical News Today, berikut pilihan minuman untuk mengatasi badan lemas.

  1. Air Kelapa Muda

Minuman pertama yang bisa dicoba untuk mengatasi badan lemas dan meningkatkan energi tubuh adalah air kelapa muda. Selain menyegarkan, air kelapa muda juga dikenal kaya akan nutrisi. Bahkan di setiap kelapa muda mengandung mineral yang mampu memenuhi cairan di dalam tubuh. Air kelapa muda juga memiliki kandungan gula alami yang dapat membantu dalam meningkatkan energi bagi tubuh. Bahkan minuman yang satu ini dikenal lebih baik dibandingkan minuman energi yang dibuat oleh pabrik.

  1. Air Putih

Sebagai salah satu minuman andalan bagi banyak orang, ternyata air putih juga dapat membantu tubuh agar tidak lemas. Salah satunya dikarenakan air putih yang dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan. Bukan hanya itu, air putih juga dapat membantu organ-organ di dalam tubuh mampu bekerja dengan lebih baik. Inilah yang membuat konsumsi air putih setiap hari dapat menjadi sebuah kebiasaan baik yang perlu diterapkan bagi setiap orang.

  1. Teh Peppermint

Adakah di antara detikers yang pernah mencoba teh peppermint? Kalau belum, mungkin sekarang menjadi waktu yang tepat untuk mencobanya. Terutama bagi siapa saja yang ingin meningkatkan energi tubuhnya. Sebagai salah satu jenis teh herbal, teh peppermint memiliki senyawa mentol. Kandungan inilah yang dapat membantu seseorang dalam meningkatkan energinya.

  1. Teh Ginseng

Selain teh peppermint, ada juga teh ginseng sebagai minuman untuk mengatasi badan lemas secara alami. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan teh ginseng kaya akan senyawa ginsenosides yang mampu meningkatkan produksi dopamin di dalam otak. Akibatnya dapat membantu tubuh dalam meningkatkan energi, fokus, dan perasaan menjadi jauh lebih baik.

  1. Matcha

Siapa sangka kalau ternyata matcha juga dapat dipilih sebagai salah satu alternatif minuman yang mampu membantu meningkatkan energi tubuh? Dikatakan bahwa mengonsumsi matcha sekitar satu sendok teh setiap hari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja mampu mengatasi stres yang berpengaruh pada energi tubuh. Apabila stres bisa ditekan dengan baik, maka energi yang dihasilkan oleh tubuh cenderung meningkat.

  1. Jus Buah Bit

Buah bit menjadi salah satu alternatif olahan minuman dengan buah alami yang bisa membantu mengatasi rasa lemas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition menemukan bahwa jus buah bit membantu mengurangi kelelahan. Hal ini dikarenakan buah bit memiliki kandungan nitrat yang mampu melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan kinerja aliran darah. Akibatnya, kinerja oksigen ke otot dan otak dapat meningkat yang berpengaruh pada lebih banyak energi yang dapat dihasilkan oleh tubuh.

  1. Jus Alpukat

Bukan hanya buah bit, ada juga alpukat yang dapat diolah menjadi jus untuk membantu mengatasi rasa lemas. Perlu diketahui bahwa alpukat memiliki nilai kesehatan dan nutrisi yang cenderung lengkap. Bahkan disampaikan melalui studi dari Critical Reviews in Food Science and Nutrition, alpukat mengandung nutrisi, protein, dan serat. Ketiga kandungan tersebut dapat mempertahankan tingkat energi seseorang di sepanjang harinya.

  1. Smoothies Pisang

Selain diolah menjadi jus, buah-buah juga dapat dijadikan sebagai smoothies. Salah satu smoothies yang bisa membantu meningkatkan energi adalah yang berasal dari buah pisang. Dikatakan bahwa pisang menjadi sumber gula alami yang baik. Bahkan pisang juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu memenuhi energinya. Hal inilah yang membuat mengonsumsi smoothies pisang dapat memberikan energi yang diperlukan bagi tubuh.

  1. Jus Apel

Bukan hanya matcha, apel ternyata juga dapat membantu dalam melawan stres. Mengapa demikian? Alasannya karena apel kaya akan serat dan nutrisi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Horticulture Research menemukan apel juga memiliki kandungan flavonoid yang tak lain adalah antioksidan. Oleh karena itu, jus apel yang dikonsumsi setiap hari dalam takaran yang cukup, dapat membantu dalam melawan stres sekaligus mampu memberikan energi yang lebih lama bertahan di dalam tubuh.

  1. Minuman Jeruk

Bagi detikers yang menyukai minuman yang berasal dari buah jeruk, kebiasaan ini perlu untuk dijaga dengan baik. Namun, olahan minuman yang dimaksud adalah berasal dari buah jeruk alami. Selama ini jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Secara umum, kandungan vitamin C di dalam jeruk dapat menekan tingkat stres, sehingga mampu mencegah kelelahan pada diri seseorang.

Nah, itulah tadi rangkuman minuman untuk mengatasi badan lemas agar kembali berenergi yang sayang untuk dilewatkan. Selamat mencobanya ya,

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *