Arab Saudi Menegaskan Tidak Akan Menormalisasi Hubungan Dengan Israel Hingga Kemerdekaan Palestina Tiba

Arab Saudi Tidak Akan Menormalisasi Hubungan Dengan Israel
Arab Saudi dan palestina
banner 400x400

Hajinews.co.idArab Saudi menegaskan tidak akan menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel hingga berdirinya negara Palestina. Palestina diakui sebagai negara merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967 dan ibukotanya adalah Yerusalem Timur.

Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris, Pangeran Khalid bin Bandar bin Sultan, menekankan bahwa Israel juga harus menghentikan serangannya di Jalur Gaza.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Kami tidak akan menormalisasi hubungan dengan Israel dengan mengorbankan Palestina. Selain itu, Israel harus menghentikan agresinya di Jalur Gaza dan menarik semua pasukan pendudukan Israel dari Gaza,” ujarnya, saat berbicara pada konferensi Royal Institute of International Affairs atau Chatham House di London, belum lama ini.

Pangeran Khalid menegaskan kembali sikap tegas Arab Saudi terkait Palestina.

“Sebagai hasil dari kedudukan global dan pengaruh internasionalnya, upaya Arab Saudi telah menghasilkan respons global yang positif untuk mengakui Negara Palestina,” ujarnya, seperti dilaporkan Saudi Gazette.

Posisi Saudi, lanjut dia, menegaskan konsensus internasional mengenai hak-hak melekat pada rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri.

Pangeran Khalid juga mengingatkan kembali fakta bahwa Majelis Umum PBB, dengan suara mayoritas, menyetujui resolusi yang merekomendasikan Dewan Keamanan PBB memberikan pertimbangan ata permintaan Palestina untuk menjadi anggota penuh.

Saudi, tegas dia, kembali menyerukan kepada masyarakat internasional, khususnya anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang belum mengakui negara Palestina, untuk segera melakukannya. Dengan begitu Palestina bisa mendapat hak yang setara serta mencapai perdamaian menyeluruh dan adil bagi seluruh rakyatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *