Final! Muhammadiyah Ambil Izin Kelola Tambang, Muhadjir Effendy Didaulat Jadi Ketua Pengelolaan

Final! Muhammadiyah Ambil Izin Kelola Tambang, Muhadjir Effendy Didapuk Jadi Ketua Pengelolaan (foto istimewa)

Hajinews.co.id —  Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengumumkan Muhadjir Effendy menjadi Ketua Tim Pengelolaan Tambang Muhammadiyah. Keputusan itu diungkapkan Haedar dalam rapat konsolidasi nasional PP Muhammadiyah yang digelar di Yogyakarta, Ahad (28/7/2024).

Haedar menyebut, dipilihnya Muhadjir sudah melalui pencermatan pihaknya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Kami sekaligus karena sikap kewaspadaan, keseksamaan, kecermatan yang kami lakukan menyusun tim pengelolaan tambang yang diketuai oleh Prof Muhadjir Efendy,” kata Haedar dikutip dalam tayangan Youtube Muhammadiyah Channel, Ahad.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) merupakan Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi bisnis dan ekonomi.

“Bukan sebagai menko PMK. Jadi mohon nanti jangan ditulis, Ketuanya Menko PMK, nanti istana pindah ke sini nih,” ucap Haedar.

Sementara itu, tim pengelolaan tambang Muhammadiyah juga diisi jabatan lainnya yaitu Sekretaris dan sejumlah anggota.

Mereka adalah Sekretaris Muhammad Sayuti, kemudian anggota Anwar Abbas, Hilman Latief, Agung Danarto, Ahmad Dahlan Rais, Bambang Setiaji dan Arif Budimanta.

Adapun sebelumnya, melalui konferensi pers, PP Muhammadiyah mengumumkan menerima izin usaha pertambangan (IUP) yang ditawarkan pemerintah terhadap organisasi masyarakat (ormas) keagamaan.

Pengumuman itu dibacakan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

“Setelah mencermati masukan, kajian, serta beberapa kali pembahasan, rapat pleno PP Muhammadiyah pada tanggal 13 Juli 2024 memutuskan menerima IUP yang ditawarkan oleh pemerintah,” kata Abdul Mu’ti dikutip dari tayangan Youtube Muhammadiyah Channel, Ahad.

Sumber: Kompas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *