Ketika Allah Mengangkat Nabi Isa Ke Langit Agar Terhindar Dari Tipu Muslihat Orang-Orang Kafir

Allah Mengangkat Nabi Isa Ke Langit
Nabi Isa

Hajinews.co.idNabi Isa AS adalah salah satu dari 25 nabi dan rasul yang harus diyakini umat Islam. Kisah Nabi Isa AS sering diceritakan dalam Al-Qur’an.

Merujuk pada Kisah Nabi Isa karya Anak Muslim, 600 tahun sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW, Allah SWT mengutus seorang nabi ke bani Israil yang dilengkapi dengan Kitab Injil. Nama Nabi tersebut adalah Isa AS.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Nabi Isa AS adalah putri seorang wanita suci bernama Maryam. Lahirnya Nabi Isa AS merupakan ujian bagi Maryam, karena bayi yang dikandungnya tidak mempunyai ayah, sehingga banyak fitnah yang datang kepadanya sehingga menodai harga diri dan kesuciannya.

Nabi Isa AS Berbicara ketika Bayi

Diceritakan dalam Tafsir Ibnu Katsir seperti dinukil Abu Utsman Kharisman dalam buku Nabi Isa dan Bunda Maryam Dalam Pandangan Ulama Islam, melihat Maryam melahirkan seorang bayi, orang-orang lantas mengolok-oloknya. Seolah mereka mengatakan, “Wahai wanita yang mirip dengan Harun dalam ibadah. Engkau berasal dari rumah yang suci dan bersih. Dikenal dengan kesalehan, ibadah, dan zuhud. Bagaimana bisa terjadi perbuatan seperti ini pada engkau?”

Menurut penjelasan dalam Fathul Qodir karya Asy-Syaukaaniy, Maryam saat itu tengah bernazar kepada Allah SWT untuk berpuasa tanpa bicara selama beberapa waktu. Maka dia pun memberi isyarat agar orang-orang yang mengolok-oloknya itu berbicara kepada Nabi Isa AS.

Orang-orang heran dengan apa yang dilakukan Maryam. Mereka berkata, “Bagaimana kami bisa berbicara dengan bayi yang masih dalam buaian?”

Pada waktu itu, Nabi Isa AS pun berbicara. Kisah Nabi Isa AS ini diabadikan dalam Al-Qur’an surah Maryam ayat 29-33. Allah SWT berfirman,

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗاٰتٰنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا ۙ ٣٠فَاَشَارَتْ اِلَيْهِۗ قَالُوْا كَيْفَ نُكَلِّمُ مَنْ كَانَ فِى الْمَهْدِ صَبِيًّا ٢٩ وَّجَعَلَنِيْ مُبٰرَكًا اَيْنَ مَا كُنْتُۖ وَاَوْصٰنِيْ بِالصَّلٰوةِ وَالزَّكٰوةِ مَا دُمْتُ حَيًّا ۖ ٣١ وَّبَرًّاۢ بِوَالِدَتِيْ وَلَمْ يَجْعَلْنِيْ جَبَّارًا شَقِيًّا ٣٢ وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا ٣٣

Artinya: “Dia (Maryam) menunjuk kepada (bayi)-nya (agar mereka bertanya kepadanya). Mereka berkata, “Bagaimana mungkin kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?, Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah. Dia (akan) memberiku Kitab (Injil) dan menjadikan aku seorang nabi. Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada dan memerintahkan kepadaku (untuk melaksanakan) salat serta (menunaikan) zakat sepanjang hayatku, dan berbakti kepada ibuku serta Dia tidak menjadikanku orang yang sombong lagi celaka. Kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku pada hari kelahiranku, hari wafatku, dan hari aku dibangkitkan hidup (kembali).”

Nabi Isa AS Menerima Kenabiannya

Menurut Tafsir Qashashi Jilid III karya Syofyan Hadi, Nabi Isa AS menerima tugas kenabian di Bukit Zaitun setelah menerima wahyu berupa Injil. Usianya kala itu 30 tahun. Kisah kenabian Nabi Isa AS ini diceritakan dalam surah Al-Hadid ayat 27,

ثُمَّ قَفَّيْنَا عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ بِرُسُلِنَا وَقَفَّيْنَا بِعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَاٰتَيْنٰهُ الْاِنْجِيْلَ ەۙ وَجَعَلْنَا فِيْ قُلُوْبِ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُ رَأْفَةً وَّرَحْمَةً ۗوَرَهْبَانِيَّةَ ِۨابْتَدَعُوْهَا مَا كَتَبْنٰهَا عَلَيْهِمْ اِلَّا ابْتِغَاۤءَ رِضْوَانِ اللّٰهِ فَمَا رَعَوْهَا حَقَّ رِعَايَتِهَا ۚفَاٰتَيْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْهُمْ اَجْرَهُمْ ۚ وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ فٰسِقُوْنَ ٢٧

Artinya: “Kemudian, Kami meneruskan jejak mereka dengan (mengutus) rasul-rasul Kami dan Kami meneruskan (pula dengan mengutus) Isa putra Maryam serta Kami memberikan Injil kepadanya. Kami menjadikan kesantunan dan kasih sayang dalam hati orang-orang yang mengikutinya. Mereka mengada-adakan rahbaniah (berlebih-lebihan dalam beribadah). Padahal, Kami tidak mewajibkannya kepada mereka. Akan tetapi, (mereka mengada-adakannya dengan tujuan) mencari keridhaan Allah, lalu mereka tidak memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Maka, kepada orang-orang yang beriman di antara mereka Kami berikan pahalanya dan di antara mereka banyak yang fasik.”

Nabi Isa AS Naik ke Langit

Setelah Nabi Isa AS mendapatkan tugas kenabian, ia lantas mengabarkan berita kerasulannya kepada bani Israil. Namun, pemuka agama mereka menjadi murka, dan meminta Nabi Isa untuk membuktikan kenabiannya.

Nabi Isa AS pun menunjukan semua mukjizat kenabiannya, tetapi tetap saja bani Israil tidak mempercayainya. Mereka bahkan berencana membunuh Nabi Isa AS yang sedang bersama murid-muridnya.

Waktu itu, ada seorang muridnya yang berkhianat bernama Yahuza (riwayat lain mengatakan namanya Yudas) untuk menjadi mata-mata para pemuka agama mereka.

Puncaknya, pada suatu malam terjadi pengepungan dan penangkapan kepada Nabi Isa AS. Lalu Allah SWT pun menolongnya dengan mengangkatnya ke langit. Demikian disebutkan dalam surah an-Nisa’ ayat 157-158. Allah SWT berfirman,

وَّقَوْلِهِمْ اِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيْحَ عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُوْلَ اللّٰهِۚ وَمَا قَتَلُوْهُ وَمَا صَلَبُوْهُ وَلٰكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ ۗوَاِنَّ الَّذِيْنَ اخْتَلَفُوْا فِيْهِ لَفِيْ شَكٍّ مِّنْهُ ۗمَا لَهُمْ بِهٖ مِنْ عِلْمٍ اِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ وَمَا قَتَلُوْهُ يَقِيْنًاۢ ۙ ١٥٧ بَلْ رَّفَعَهُ اللّٰهُ اِلَيْهِ ۗوَكَانَ اللّٰهُ عَزِيْزًا حَكِيْمًا ١٥٨

Artinya: dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya Kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Kisah diangkatnya Nabi Isa AS ke langit turut diabadikan dalam surah Ali ‘Imran ayat 55. Allah SWT berfirman,

اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسٰٓى اِنِّيْ مُتَوَفِّيْكَ وَرَافِعُكَ اِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَجَاعِلُ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْكَ فَوْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ ۚ ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيْمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ ٥٥

Artinya: (Ingatlah) ketika Allah berfirman, “Wahai Isa, sesungguhnya Aku mengambilmu, mengangkatmu kepada-Ku, menyucikanmu dari orang-orang yang kufur, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu lebih unggul daripada orang-orang yang kufur hingga hari Kiamat. Kemudian, kepada-Kulah kamu kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang selalu kamu perselisihkan.”

Wallahu a’lam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *