Cara Menghilangkan Lemak Saat Tidur, Periksa Waktu Terbaik Untuk Tidur di Malam Hari

Waktu Terbaik Untuk Tidur di Malam Hari
dr Zaidul Akbar

Hajinews.co.idPakar kesehatan sekaligus pendakwah dr. Zaidul Akbar mengungkapkan, waktu terbaik untuk tidur adalah pada malam hari.

Waktu terbaik untuk tidur malam adalah dari gaya hidup Nabi Muhammad SAW yang memiliki manfaat menghilangkan lemak dan menyehatkan jantung.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Tidur adalah cara terbaik untuk merilekskan tubuh.

Waktu tidur ternyata dapat menunjang kesehatan seseorang.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup agar seluruh organ tubuh dapat beristirahat dan berfungsi secara maksimal. Menurut dr Zaidul Akbar yang juga lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, cara terbaik untuk memulihkan tubuh dari aktivitas sehari-hari adalah dengan tidur malam.

Tidur dapat menyegarkan tubuh dan mengisi kembali energi sehingga dapat digunakan untuk beraktivitas.

Menurut para ahli, jumlah tidur yang disarankan bagi orang dewasa adalah delapan jam.

Setelah 6 hari, pembuluh darahnya akan sama seperti pada usia 18 tahun

Lantas kapan waktu tidur malam terbaik bagi tubuh?

Menurut dr Zaidul Akbar yang juga sebagai penggagas kampanye Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini mengatakan, waktu tidur malam yang paling baik adalah setelah shalat Isya.

Selain menjadi kebiasaan Nabi SAW, tidur malam setelah shalat Isya juga sangat baik untuk ke sehatan dan sudah terbukti secara ilmiah.

“Nabi SAW ba’da (setelah) Isya tidur, malam nanti bangun, ternyata barulah sains sekarang menunjukkan bahwa mulai dari Isya sampai jam 12, jam 1 mulai terjadi pick,” kata dr Zaidul Akbar dikutip dari kanal YouTube Bisikan.com

Sambung dr Zaidul Akbar, pada pukul 1 dini hari, mulai terjadi growth hormon pada tubuh.

Growth hormon yang meningkat nantinya akan membakar lemak.

“Satu pick penaikan atau kenaikan satu hormon dikenal dengan growth hormon,” sambung dr Zaidul Akbar.

Namun, apabila terjadi kenaikan berat badan, hal tersebut diakibatkan karena waktu tidurnya yang kurang, sehingga growth hormonnya tidak keluar.

“Growth hormon itu kalau meningkat pak bu sekalian, maka otomatis apa? Dia ngebakar lemak. Jadi banyak orang berat badan naik gara-gara apa? Gara-gara tidurnya kurang. Karena apa? Karena growth hormonnya gak keluar,” papar dr Zaidul Akbar.

Dalam kesempatan tersebut, dr Zaidul Akbar juga mengatakan jika ingin mencintai Allah SWT, maka ikutilah sunnah Rasulullah, termasuk pola tidurnya setelah shalat Isya.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Kunyit Bikin Rahim Kering? dr Zaidul Akbar: Orang Jaman Sekarang Banyak Was-wasnya

“Maka saya katakan kalau kita mau benar-benar mencintai Allah, kata Allah di situ inkuntum tuhibbunallah fattabiuni, ikutilah aku kata Rasulullah. Ikutin bagaimana polaku dan para sahabat telah mencotohkan itu semua,” kata dr Zaidul Akbar.

Itulah penjelasan dr Zaidul Akbar mengenai waktu tidur malam yang tepat untuk kesehatan tubuh dan mampu merontokan lemak dalam tubuh.

Manfaat Minum Air Serai Sebelum Tidur

Berikut manfaat minum air serai sebelum tidur menurut dr Zaidul Akbar.

Serai atau sereh merupakan tumbuhan herbal yang masuk ke dalam anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.

Serai dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Lemongrass. Serai sekilas mirip dengan tanaman daun bawang.

Ada banyak manfaat ke sehatan yang ditawarkan dari serai untuk ke sehatan tubuh.

Anda bisa mengolah serai dengan cara merebusnya lalu konsumsi air serai sebelum tidur.

dr Zaidul Akbar yang merupakan seorang ahli kesehatan sekaligus pendakwah, menganjurkan agar minum air serai sebelum tidur karena dapat membantu membersihkan tubuh hingga meningkatkan kualitas tidur.

Hal tersebut disampaikan oleh dr Zaidul Akbar dalam kanal YouTube Bisikan.com yang tayang pada Sabtu (27/11/2021) lalu.

“Fase malam merupkan fase istirahat jadi kalau malam, apa yang kita makan atau kita minum untuk menguatkan fungsi pembersih di malam hari, kan istirahat judulnya,” kata dr Zaidul Akbar

Sebelum tidur, alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini menganjurkan mengonsumsi minuman herbal yang rendah kalori seperti air serai.

Tak hanya serai, Anda juga bisa memilih mengolah rimpang jahe dan kunyit kemudian direbus dan dikonsumsi airnya.

“Maka yang Anda minum di malam itu sebaiknya kalau saya sih menyarankan lebih baik minum-minuman yang kalorinya rendah, contohnya seperti air serai, jahe dan air kunyit,” lanjut dr Zaidul Akbar.

Cara membuatnya cukup mudah.

Pertama, pilih salah satu dari rimpang ini seperti jahe, kunyit, atau serai, lalu potong kecil atau diiris tipis.

Setelah dipotong kecil, masukkan ke dalam gelas dan campur dengan air panas.

Lalu tunggu uapnya keluar, dan minum sebelum tidur di malam hari.

Sebagai pilihan, Anda juga bisa mencampurkannya dengan pemanis alami seperti madu.

“Kasih air panas, sedikit dipotong-potong kecil atau di-slice tipis, tunggu bentar, nanti uapnya keluar minum, kasih madu,” lanjutnya.

Minum minuman ini sebelum tidur di malam hari dapat membersihkan tubuh, membuat nyenyak saat tidur dan lebih segar ketika bangun.

“Sehingga nanti tidurnya kita itu enak badannya, enak badannya maksudnya badannya itu tidak terbebani dengan beban nasi goreng ( lemak, Red),” pungkasnya di akhir video.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar