Hikmah Malam: Bisakah Takdir Diubah? Berikut Penjelasannya

Bisakah Takdir Diubah?
ilustrasi: Takdir

Hajinews.co.idTakdir adalah ketetapan Allah. Takdir merupakan salah satu rukun iman, sehingga setiap muslim wajib mengimani dan meyakininya.

Iman dan penerimaan takdir adalah wujud keimanan umat Islam yang sebenarnya. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup adalah rencana yang dirancang oleh Allah Ta’ala dengan kemampuan terbaiknya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Takdir disebutkan berkali-kali dalam ayat-ayat Alquran. Salah satunya terdapat dalam surat Al-An’am ayat 59,

۞ وَعِندَهُۥ مَفَاتِحُ ٱلْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَآ إِلَّا هُوَ ۚ وَيَعْلَمُ مَا فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ ۚ وَمَا تَسْقُطُ مِن وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِى ظُلُمَٰتِ ٱلْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya: “Kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahuinya selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan (tertulis) dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfuz).”

Kemudian dalam surat Yunus ayat 61, Allah SWT berfirman,

وَمَا تَكُونُ فِى شَأْنٍ وَمَا تَتْلُوا۟ مِنْهُ مِن قُرْءَانٍ وَلَا تَعْمَلُونَ مِنْ عَمَلٍ إِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُودًا إِذْ تُفِيضُونَ فِيهِ ۚ وَمَا يَعْزُبُ عَن رَّبِّكَ مِن مِّثْقَالِ ذَرَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ وَلَا فِى ٱلسَّمَآءِ وَلَآ أَصْغَرَ مِن ذَٰلِكَ وَلَآ أَكْبَرَ إِلَّا فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya: “Engkau (Nabi Muhammad) tidak berada dalam suatu urusan, tidak membaca suatu ayat Al-Qur’an, dan tidak pula mengerjakan suatu pekerjaan, kecuali Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya. Tidak ada yang luput sedikit pun dari (pengetahuan) Tuhanmu, walaupun seberat zarah, baik di bumi maupun di langit. Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan yang lebih besar daripada itu, kecuali semua tercatat dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfuz).”

Merangkum buku Takdir Allah Tak Pernah Salah karya Agus Susanto, dua ayat tersebut menegaskan bahwa setiap yang terjadi telah tercatat dalam Lauh Mahfudz. Telah tercatat semua yang sudah, sedang dan akan terjadi sejak awal penciptaan sampai kelak Hari Kiamat.

Semua bahkan telah tercatat dan tidak ada yang terlewat satu pun. Allah SWT telah menetapkan seluruhnya sebelum penciptaan alam semesta.

Apakah Takdir Bisa Diubah?

Dalam terminologi Islam, takdir terdiri dari dua yakni qadha dan qadar. Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai definisi keduanya.

Qadha menurut bahasa berarti hukum, ciptaan, kepastian, dan penjelasan. Sedangkan maknanya adalah memutuskan, memisahkan, menentukan sesuatu, mengukuhkan, menjalankan, dan menyelesaikannya. Dengan kata lain, makna qadha adalah mencipta.

Menurut Ibn Faris, makna kata qadar adalah akhir atau puncak segala sesuatu. Secara istilah, qadar berarti ketentuan Allah SWT yang berlaku bagi semua makhluk sesuai dengan ilmu Allah SWT.

Kemudian Ibn Hajar A-Asqalani mengartikan qadha sebagai ketentuan yang bersifat menyeluruh dan umum sejak zaman azali, sedangkan qadar adalah bagian-bagian dan perincian ketentuan-ketentuan tersebut. Hal ini berkebalikan dengan pendapat Syaikh Ahmad Izzudin A-Bayanuni yang menyatakan bahwa qadha adalah pelaksanaan terhadap qadar yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

Muhammad ibn lbrahim AI-Hamd menjelaskan qadha dan qadar adalah dua perkara yang beriringan, salah satu-nya tidak terpisah dari yang lainnya karena salah satunya berkedudukan sebagai fondasi.

Dalam buku 13 Cara Nyata Mengubah Takdir, Jamal Ma’mur Asmani menjelaskan terkait takdir, Allah SWT telah menentukan perjalanan manusia dan Dia pula yang memerintahkan manusia agar mengubah nasibnya sendiri.

Hal itu menunjukkan betapa adilnya Allah SWT mengatur kehidupan ini. Jika upaya perubahan yang dilakukan manusia menjurus kepada kebaikan, berarti perubahan itu sesuai skenario Allah SWT. Tetapi, jika mengarah kepada keburukan, itu berarti buah dari ulah manusia sendiri. Sebab, Allah SWT hanya menghendaki kebaikan.

Allah SWT merahasiakan qadha dan qadar-Nya untuk memberi kesempatan kepada hamba-Nya agar bisa mengubahnya melalui usaha dan doa.

Kegagalan dan keberhasilan di dalam hidup tergantung pada bagaimana usaha dan doa yang dilakukan setiap manusia itu sendiri. Inilah yang menjadi cara untuk mengubah takdir.

Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam kitab Ad-Daa’ wa Ad-Dawaa’ edisi Indonesia terbitan Pustaka Imam asy-Syafi’i menukil hadits dalam Al-Mustadrak Al Hakim yang menyebut doa bisa mengubah takdir.

Diriwayatkan dari Tsauban RA, Rasulullah SAW bersabda,

لَا يَرُدُّ القَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ، وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ

Artinya: “Tidak ada yang dapat menolak takdir, kecuali doa. Tidak ada pula yang dapat menambah usia, kecuali kebajikan. Sesungguhnya seseorang itu benar-benar akan terhalang dari rezekinya karena dosa yang ia kerjakan.”

Wallahu a’lam.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *