Hikmah Malam : Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan Dalam Islam

Manfaat Puasa Senin Kamis
Manfaat Puasa Senin Kamis

Hajinews.co.idPuasa Senin Kamis mempunyai banyak manfaat bagi yang menjalankannya. Puasa dalam Islam memang mempunyai keutamaan tersendiri bahkan memberikan efek positif bagi tubuh.

Puasa Senin dan Kamis merupakan puasa sunnah. Menurut hadits Rasulullah SAW, puasa ini dianjurkan karena bertepatan dengan pembukaan catatan amal.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap minggunya, semua amal perbuatan manusia ditunjukkan (kepada Allah) sebanyak dua kali, yakni pada hari Senin dan Kamis. Lalu, setiap hamba yang beriman diampuni, kecuali hamba yang sedang bermusuhan dengan saudaranya.” (HR Muslim)

6 Manfaat Puasa Senin Kamis

Ketika seorang muslim menunaikan ibadah puasa Senin Kamis, Allah SWT telah menjanjikan limpahan karunia dan pahala baginya, serta manfaat lainnya yang berguna untuk tubuh fisik hamba-hambanya. Di bawah ini sederet manfaat puasa Senin Kamis menurut buku Inden Surga pada Hari Senin dan Kamis karya Ridhoul Wahidi.

  1. Menyehatkan Tubuh

Berpuasa secara teratur mampu membatasi makanan secara berlebihan, sehingga mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Seperti yang diketahui, pola hidup yang salah dengan banyak mengkonsumsi makanan dapat menimbun berbagai penyakit ke tubuh seseorang. Dengan berpuasa artinya seseorang telah mengurangi resiko penyakit lainnya dan terhindar dari pola hidup yang salah.

Dr. Yuri Nikolayev asal Rusia berpendapat melakukan kegiatan puasa membuat seseorang menjadi awet muda, dan sehat secara fisik, mental, dan spiritual.

Selain itu, Puasa bisa menjadi alternatif yang digunakan untuk mengurangi berat badan karena dengan berpuasa sama halnya dengan mengatur pola makan yang berlebihan.

  1. Membuat Diri Menjadi Bijaksana

Bila dipahami secara mendalam, jika seseorang sedang menunaikan ibadah puasa artinya tengah menahan rasa haus dan lapar seharian. Perlahan-lahan rasa simpati dan empati mereka akan muncul dalam jiwa mereka, sembari merasakan bagaimana rasanya kesulitan makan dan minum yang dialami mereka yang kesulitan ekonomi.

Puasa bisa menjadi pelajaran, penghayatan hidup, bahwa di dunia ini tidak ada perbedaan antara si kaya dan si miskin. Puasa bisa menjadi pemersatu umat Islam, karena dalam kondisi puasa, semua orang merasakan permasalahan yang sama sehingga bisa saling memahami.

  1. Meningkatkan Kesabaran

Seorang yang berpuasa berusaha sabar untuk menahan dirinya menjauhkan dari hal-hal yang dilarang bisa membatalkannya, ketika sedang berpuasa dari terbitnya fajar, hingga tenggelamnya matahari.

  1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Ketika berpuasa seseorang akan merasa tenang, simpati dan empati. Pada suatu cerita, Allah SWT memerintahkan Nabi Musa AS untuk berpuasa selama tiga puluh hari, tujuannya supaya Nabi Musa AS menyiapkan dirinya untuk Kalamullah.

Tujuan lainnya, agar Nabi Musa AS siap dan mampu ketika bertemu dengan Nur Allah SWT, dan Nabi Musa AS melaksanakan perintah-Nya.

  1. Mendapatkan Ampunan Allah SWT

Allah SWT memberikan ampunannya kepada hambanya yang gemar berpuasa, sesuai surah Al Azhab ayat 35:

اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذّٰكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذّٰكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا ٣٥

Artinya: “Sesungguhnya muslim dan muslimat, mukmin dan mukminat, laki-laki dan perempuan yang taat, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan penyabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kemaluannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, untuk mereka Allah telah menyiapkan ampunan dan pahala yang besar.”

  1. Dijanjikan Surga Ar Rayyan

Dilansir buku Super Jenius Dengan Mukjizat Puasa Senin Kamis karya Rizem Aizid, umat Islam yang menunaikan puasa sunnah akan ditempatkan di surga Ar Rayyan. Berikut bunyi haditsnya,

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَا يَدْخُلُ مَعَهُمْ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَدْخُلُونَ مِنْهُ فَإِذَا دَخَلَ آخِرُهُمْ أَغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ.

Artinya: “Sahl bin Sa’d RA menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya, di surga ada satu pintu yang namanya ‘Ar Rayyan’ yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa. Pada hari kiamat kelak, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Dikatakan kepada pelaku puasa, ‘Manakah orang-orang yang suka berpuasa?’ Maka, mereka pun berdiri, dan hanya mereka yang memasuki pintu itu. Jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhari dan Muslim).

Itulah pembahasan manfaat dan keutamaan puasa Senin Kamis bagi mereka yang menunaikan ibadah puasa Senin Kamis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *