Subhanallah! Masjid di Oman Ini Menjadi Destinasi Wisata Terbaik Tahun 2024 Versi Majalah TIME

Masjid di Oman
Masjid Bab Al Salam

Hajinews.co.idMajalah TIME baru saja menerbitkan 100 destinasi wisata terbaik dunia tahun 2024. Sebuah masjid di Oman, Masjid Bab Al Salam, adalah salah satunya

Dalam laporan bertajuk “The World’s Greatest Place of 2024: 100 Extraordinary Destinations to Explore” yang terbit pada 25 Juli 2024, TIME memasukkan Masjid Bab Al Salam dalam kategori tempat terbaik untuk dikunjungi.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menurut keterangan TIME, Masjid Bab Al Salam mewakili bangunan dengan arsitektur Islam kontemporer di wilayah Timur Tengah. Masjid yang diresmikan firma desain Oman Altqadum tahun lalu ini mempertahankan desain kuno dengan cara baru dan tak terduga.

Masjid yang berdiri di pusat kota Muscat ini memiliki kompleks bangunan melingkar berwarna merah muda yang tenang. Sebanyak 1.600 bola lampu kristal membentuk lampu gantung di atas ruang salat utama menjadi ciri khas menonjol dari masjid ini. Bentuknya mirip payung. Lampu gantung itu menjadi pengganti mihrab, ceruk yang mengarahkan jemaah ke Makkah.

Selain lampu dengan desain unik, bulan sabit halus nampak menghiasi menara kerucut pada bangunan terpisah. Jendela masjid juga memiliki desain minimalis, ramping dari lantai ke langit-langit yang dipotong dari fasad.

Dilansir Travel and Tour World, Kamis (1/8/2024), dalam wawancara eksklusif dengan Times of Oman, arsitek perancang Masjid Bab Al Salam, Marwan Al Balushi, menceritakan pembangunan masjid sempat mendapat penolakan dari pejabat setempat. Meski mengalami hambatan, proyek akhirnya disetujui pada musim panas 2018.

Terkait arsitektur Masjid Bab Al Salam, Al Balushi menekankan desain yang dia buat bertujuan menanamkan jika Oman ke dalam arsitektur tersebut dengan tetap mempertahankan nuansa religius yang abadi. Desain tersebut dikatakan telah mengubah persepsi tentang ruang-ruang sakral.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *