Kurangi Tekanan Darah Tinggi, Yuk Makan 5 Buah Ini!

Kurangi Tekanan Darah Tinggi
Semangka

Hajinews.co.idDi sekitar kita banyak terdapat buah-buahan sehat yang memiliki khasiat khusus untuk penderita hipertensi. Ya, ternyata ada buah-buahan tertentu yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah-buahan ini mengandung senyawa dan nutrisi tertentu yang dapat membantu menormalkan tekanan darah. Apakah kamu penasaran? Yuk simak pemaparannya di bawah ini, dilansir Medical News Today, Jumat (8/2/2024) dan ditinjau secara medis oleh Jerlyn Jones, MS MPA RDN LD CLT.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

  1. Pisang: Buah tropis satu ini mengandung potasium yang dapat membantu mengelola hipertensi. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram (mg) potasium.

Menurut American Heart Association (AHA), potasium mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah loh!

  1. Bit: Buah yang sering dipakai sebagai pewarna alami makanan serba red velvet ini, disebut jika dikonsumsi sebagai jus bisa menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek dan panjang karena mengandung nitrat.

Menurut tinjauan sistematis tahun 2022, penelitian menunjukkan bahwa nitrat dari jus bit menurunkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi arteri, tetapi tidak mempengaruhi tekanan darah diastolik. Selain dijus, bisa juga dimakan sebagai isian salad atau dimakan langsung.

  1. Kiwi: Menurut uji coba random tahun 2022, makan satu porsi kiwi yang kaya akan vitamin C setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Orang yang makan 2 buah kiwi per hari sebelum sarapan selama 7 minggu, memperlihatkan adanya penurunan tekanan darah sistolik sebesar 2,7 milimeter merkuri (mmHg)

Suatu meta-analisis tahun 2020 menunjukkan bahwa suplementasi vitamin C secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi primer. Silakan konsumsi kiwi bisa dengan dimakan langsung, dijus, atau dibuat sebagai smoothie.

  1. Semangka: Mengandung asam amino yang disebut citrulline. Nah, tubuh mengubah citrulline menjadi arginin, dan ini membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas arteri. Efek ini membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Uji coba kecil terkontrol pada tahun 2023 mengamati efek jus semangka pada tekanan darah pada orang dewasa muda dan sehat. Peneliti menemukan bahwa jus semangka bisa menurunkan tekanan darah sistolik selama dua jam.

  1. Delima: Buah satu ini mengandung antioksidan dan bahan lain yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan aterosklerosis. Melalui suatu uji coba pada tahun 2018 menunjukkan bahwa konsumsi jus delima setiap hari bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita diabetes.

Namun, penulis menekankan perlunya penelitian lebih lanjut. Begitu juga tinjauan di tahun 2017, percobaan ke 8 orang menemukan bukti bahwa mengonsumsi jus delima secara konsisten menurunkan tekanan darah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar