Belum Mau Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, Nasdem: Konsisten, Kalah-Menang Ya Anies

Hajinews.co.id — Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie menyiratkan sinyal bahwa partainya belum tertarik untuk mendukung mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Ia menekankan, Nasdem sudah menyatakan mendukung Anies Baswedan untuk kembali bertarung memperebutkan kursi DKI 1.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Sudah Anies ya sudah, kita konsisten kalah menang ya Anies. Jadi harus konsistenlah, istiqomah itu yang penting kan,” ujar Effendi dikutip dari Kompas, Senin (5/8/2024).

Ia menyampaikan, Nasdem dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh biasanya konsisten dalam bersikap. Kecuali, terjadi dinamika politik yang begitu besar.

“Terkait DKI kan Nasdem sudah menyatakan dukung Anies. Kelihatannya Nasdem kalau dukung siapa, biasanya loh ya, kecuali enggak biasa, itu biasanya konsisten Pak Surya dan kawan-kawan di DPP biasanya konsisten,” kata dia.

“Kalau terjadi perubahan ya berarti ada tsunami yang tidak bisa disangkal,” ucap dia.

Partai Golkar akhirnya menyatakan mendukung Ridwan Kamil untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Padahal, sebelumnya, Golkar masih ingin mengajukan Ridwan Kamil pada Pilkada Jabar 2024.

Saat ini, Golkar nampak sepaham dengan Partai Gerindra yang sejak lama ingin menjagokan Ridwan Kamil sebagai penantang Anies.

Begitu pula pada Pilkada Jabar, Golkar sepakat untuk memberikan dukungan pada kader Partai Gerindra, Dedi Mulyadi.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid sempat menyatakan adanya wacana KIM Plus yang dicanangkan oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Jazilul mengakui, PKB tengah mempertimbangkan untuk bergabung dengan KIM Plus dan bekerja sama untuk Pilkada DKI Jakarta.

Saat ini, DPP PKB belum memberikan pengumuman dukungan untuk Pilkada DKI Jakarta pada Anies, meskipun DPW PKB DKI Jakarta telah mendeklarasikan diri untuk mengusung Anies.

Sumber: Kompas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *