Inilah 4 Kebiasaan Yang Menyebabkan Daya Ingat Menurun

Kebiasaan Yang Menyebabkan Daya Ingat Menurun
Daya Ingat

Hajinews.co.idDaya ingat merupakan aspek penting aktivitas otak yang membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari. Namun daya ingat cenderung menurun seiring bertambahnya usia.

Namun tanpa disadari, beberapa kebiasaan sehari-hari bisa menyebabkan hilangnya ingatan. Charan Ranganath, seorang profesor di Pusat Ilmu Saraf dan Departemen Psikiatri dan direktur Laboratorium Memori Dinamis di Universitas California, Davis, yang telah menghabiskan 25 tahun terakhir mempelajari ilmu memori, mengatakan ada beberapa kesamaan. kebiasaan yang dapat mempengaruhi daya ingat seseorang seiring bertambahnya usia. Seperti dilansir detikHealth mengutip CNBC Make It dan HuffPost, pernyataan ini muncul.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

  1. Multitasking

Ranganath mengatakan manusia umumnya mengandalkan area otak yang disebut korteks prefrontal untuk memperhatikan dunia di sekitar. Akan tetapi, fungsi prefrontal dan kemampuan seseorang untuk fokus sering kali menurun seiring berjalannya waktu.

Melakukan banyak tugas sekaligus atau multitasking ternyata dapat memperburuk keadaan. Hal ini merusak memori dan membebani fungsi korteks prefrontal, menguras sumber daya yang biasanya membantu kita membentuk ingatan yang kuat.

  1. Tidak Mengutamakan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk ternyata dikaitkan dengan penurunan daya ingat seiring bertambahnya usia, karena berbagai faktor. Menurut Ranganath, masalah ini dapat diperparah oleh penggunaan obat-obatan, minum alkohol, dan stres.

Ketika seseorang tidur, otak umumnya akan bekerja keras. Otak mengeluarkan sisa metabolisme yang terkumpul sepanjang hari. Memori juga diaktifkan dan hubungan terbentuk antara berbagai peristiwa yang telah dialami.

Kurang tidur dapat merusak korteks prefrontal dan menyebabkan ingatan terpecah-pecah.

  1. Tidak Berolahraga

Olahraga adalah kegiatan yang bisa menjaga kesehatan tubuh, termasuk daya ingat. Dengan berolahraga, alirah darah ke otak bisa meningkat, sehingga membantu melindungi sel-sel di dalamnya.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh University of California tahun 2018 menunjukkan, korelasi antara kurang gerak dengan penipisan beberapa bagian otak yang penting untuk memori.

“Olahraga teratur, tidak harus olahraga berat, membantu mengurangi risiko sejumlah penyakit umum yang terkait dengan hilangnya ingatan, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes, dan masih banyak lagi,” kata Michele Goldman, seorang psikolog dan penasihat media Hope for Depression Research Foundation, dikutip dari HuffPost.

  1. Pola Makan yang Kurang Seimbang

Makanan juga dapat memengaruhi otak manusia. Menurut Goldman, apa yang dikonsumsi oleh seseorang dapat memengaruhi perasaan secara fisik, mental, dan emosional.

“Pola makan yang kurang seimbang dapat memengaruhi tubuh secara negatif,” katanya.

“Jika mencari makanan untuk meningkatkan fungsi otak, Harvard Medical School menyarankan untuk memilih sayuran berdaun, ikan berlemak, buah beri, teh dan kopi, serta kacang kenari,” lanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *