8 Tanda Dehidrasi Yang Sering Luput Dari Perhatian dan Patut Diwaspadai Demi Menjaga Kesehatan

Tanda Dehidrasi Yang Sering Luput Dari Perhatian
Tanda Dehidrasi Yang Sering Luput Dari Perhatian

Hajinews.co.idDehidrasi bisa terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak air daripada yang diterimanya. Ini adalah kondisi yang serius. Tanda umum  dehidrasi adalah rasa haus yang berlebihan. Sebab saat tubuh mengalami dehidrasi, otak  mengirimkan sinyal yang meningkatkan kebutuhan minum alkohol untuk mengembalikan keseimbangan cairan.

Meski terlihat sepele, namun jika ditangani dengan baik, dehidrasi dapat memengaruhi banyak fungsi tubuh dan menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. Penting untuk mengenali tanda-tanda dehidrasi agar Anda bisa segera mengambil tindakan pencegahan, sebelum semakin parah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Tanda-tanda dehidrasi lainnya meliputi gejala fisik seperti pusing, lemas, dan kulit  kering. Berikut  beberapa tanda dehidrasi lain yang harus diwaspadai. Berikut keterangan selengkapnya yang dihimpun dari berbagai sumber, Senin (8 Mei 2024).

  1. Kebiasaan Haus yang Berlebihan

Rasa haus yang terus-menerus adalah salah satu tanda dehidrasi yang paling jelas. Tubuh kamu memberi sinyal bahwa ia membutuhkan lebih banyak cairan untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

  1. Urin Berwarna Gelap

Urin yang berwarna kuning pekat atau bahkan coklat adalah indikator umum bahwa tubuh kamu kekurangan cairan. Warna urin yang lebih gelap menunjukkan bahwa ginjal menyimpan air sebanyak mungkin untuk menjaga fungsi tubuh.

  1. Mulut dan Bibir Kering

Mulut dan bibir yang kering adalah tanda dehidrasi yang sering diabaikan. Kekurangan air dalam tubuh menyebabkan produksi air liur berkurang, yang membuat mulut terasa kering dan tidak nyaman.

  1. Kulit Kering dan Kurang Elastis

Kulit yang kering, kasar, dan kurang elastis bisa menjadi tanda dehidrasi. Kamu bisa melakukan tes sederhana dengan mencubit kulit di punggung tangan; jika kulit tidak segera kembali ke posisi semula, kamu mungkin mengalami dehidrasi.

  1. Kelelahan dan Pusing

Tubuh yang kekurangan cairan sering kali merasa lelah dan pusing. Dehidrasi mengurangi volume darah, yang menyebabkan berkurangnya suplai oksigen dan nutrisi ke otot dan otak, sehingga menimbulkan rasa lelah dan pusing.

  1. Detak Jantung Cepat

Dehidrasi dapat menyebabkan detak jantung meningkat. Ketika tubuh kekurangan cairan, darah menjadi lebih kental dan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

  1. Sakit Kepala dan Kebingungan

Sakit kepala dan kebingungan adalah tanda dehidrasi yang serius. Otak sangat sensitif terhadap perubahan kadar air, dan kekurangan cairan bisa menyebabkan sakit kepala hebat serta gangguan konsentrasi.

  1. Konsentrasi yang Menurun

Dehidrasi dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan berpikir jernih. Jika Anda merasa sulit fokus atau bingung, hal bisa menjadi pertanda serius bahwa tubuh Anda kekurangan cairan.

Mengetahui tanda dehidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika kamu mengalami beberapa tanda tersebut, segera minum air dan konsultasikan dengan tenaga medis jika perlu. Jangan abaikan tanda-tanda ini karena dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi serius.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *