Hikmah Malam: Apa Ayat Yang Membuat Rasulullah SAW Menangis? Ini Isinya

Ayat Yang Membuat Rasulullah SAW Menangis

Hajinews.co.idAda ayat dalam Alquran yang membuat Nabi SAW menangis. Ayat ini terdapat dalam surat Al Maidah ayat 118.

Rasulullah SAW adalah orang mulia yang dipilih Allah SWT untuk menyebarkan ajaran Islam. Selama hidupnya, dia memiliki cukup banyak rumor pahit. Namun ternyata, bukan itu yang membuatnya menangis.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Surah Al Maidah ayat 118, Rasulullah SAW menangis bukan karena menganggap dirinya telah mengatasi banyak rintangan dalam menyebarkan ajaran Allah SWT. Yang membuatnya menangis karena memikirkan nasib umatnya di akhirat.

Mengutip buku Air Mata Rasulullah yang ditulis Turfah Amaliyah dijelaskan bahwa Rasulullah SAW sangat cinta kepada umatnya. Rasulullah SAW sering menangis apabila teringat nasib umatnya. Beliau tidak rela di antara umatnya ada yang mendapat siksa dari Allah SWT.

Dalam sebuah riwayat disebutkan, bahwa suatu ketika Rasulullah SAW menangis sepanjang malam. Tangisan Nabi SAW ini terjadi ketika di dalam salatnya beliau membaca Al-Quran surah Al Maidah ayat 118. Berikut bacaannya,

إِن تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ ۖ وَإِن تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Artinya: Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Dikisahkan oleh Abdullah bin Amru bin Ash, ketika dibaca surah Al Maidah ayat 118, Rasulullah SAW berkata, “Ya Allah, Umatku! Umatku!”

Kemudian Nabi SAW menangis. Lalu Allah SWT berkata, “Wahai Jibril, pergilah kamu kepada Muhammad dan ketahuilah bahwa Tuhanmu Maha Tahu. Bertanyalah kamu kepada Muhammad, apa yang menyebabkan ia menangis?”

Maka Jibril mendatangi Nabi Muhammad SAW dan bertanya kepadanya mengapa ia menangis. Kemudian Nabi SAW menjawab, bahwa dirinya sangat mengkhawatirkan umatnya kelak di akhirat.

Setelah itu, Malaikat Jibril menyampaikan apa yang dikatakan Nabi SAW kepada Allah SWT. Allah SWT berkata, “Wahai Jibril, pergilah kamu kepada Muhammad dan katakanlah kepadanya kata-kata ini, “Sungguh, Aku (Allah) akan memberikan syafaat kepada umatmu dan Aku tidak akan menelantarkanmu.”

Dikutip dari buku Tuhan Izinkan Aku Menangis Padamu karya Majdi Fathi Sayyid dijelaskan bahwa hadits tersebut menegaskan tentang kasih sayang Nabi Muhammad SAW kepada umatnya dan perhatian beliau terhadap kebahagiaan umatnya. Hadits tersebut sekaligus memaparkan kepada kita tentang kedudukan Nabi SAW di sisi Allah SWT dan besarnya kasih sayang Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *