Wajah Nabi Muhammad SAW Menurut Para Sahabat

Wajah Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW

Hajinews.co.idRasulullah SAW adalah nabi akhir zaman. Karakternya sangat dicintai oleh umat Islam. Keindahan akhlak dan sifat beliau menjadi teladan bagi semua manusia.

Namun pernahkah Anda bertanya-tanya seperti apa Wajah Nabi Muhammad SAW? Meski belum ada potret resminya, ada beberapa riwayat tentang wajah rupawan Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Gambaran Wajah Nabi Muhammad SAW

Dalam buku Sejarah Terlengkap Nabi Muhammad SAW: Dari Sebelum Masa Kenabian hingga Sesudahnya karya Abdurrahman bin Abdul Karim, karakteristik dan penampilan fisik Nabi Muhammad SAW dijelaskan melalui hadits.

Hadits tersebut memberikan gambaran yang jelas tentang fisik beliau tanpa membutuhkan representasi dalam bentuk gambar atau lukisan.

“Hasan bin Ali, cucu Rasulullah SAW, meriwayatkan, ‘Saya pernah bertanya kepada paman saya, Hindun ibnu Abi Halah-yang dikenal sangat mahir dalam menggambarkan sesuatu-tentang karakteristik fisik Rasulullah SAW. Saya ingin ia menjelaskan sifat-sifat beliau yang mirip dengan sifat-sifat saya.’

Hindun menjawab, “Tubuh Rasulullah SAW besar. Wajah beliau bersinar seperti bulan purnama. Postur tubuh beliau lebih tinggi dari rata-rata tetapi tidak setinggi orang yang sangat jangkung atau kurus. Kepala beliau besar dan rambut beliau bertekstur ikal. Ketika rambut beliau mulai panjang, beliau menyisirnya. Jika tidak disisir, rambut beliau yang tergerai tidak pernah melebihi bagian bawah daun telinga.

Kulit beliau cerah, putih kemerah-merahan. Dahi beliau lebar, dengan alis yang melengkung dan panjang, kedua alisnya hampir menyatu. Di antara kedua alis tersebut terdapat urat yang tampak merah saat beliau marah. Beliau memiliki hidung mancung dengan bagian atas yang bercahaya, sehingga orang yang tidak memperhatikan dengan seksama mungkin akan mengira hidung beliau bengkok.

Jenggot beliau lebat dan kedua pipi beliau datar. Mulut beliau lebar, dengan jarak yang terlihat antara gigi-giginya, dan dada beliau tertutup oleh bulu halus. Leher beliau jenjang dan indah. Postur tubuh beliau bagus dan gemuk ideal. Perut beliau sama rata dengan dada. Dada beliau lebar. Tubuh antara dua bahu beliau juga lebar. Persendian tubuh beliau besar, sementara bagian tubuh yang tidak berbulu tampak bersinar.

Di antara bagian atas dada dan pusar beliau, terdapat bulu halus yang membentuk garis. Namun, kedua payudara dan perut beliau tidak berbulu. Tangan, pundak, dan bagian atas dada beliau ditutupi oleh bulu tipis. Tangan beliau panjang dengan telapak tangan yang lebar, telapak tangan dan jari-jari beliau tebal, serta jari-jemari beliau panjang.

Di tengah-tengah telapak kaki beliau tidak menyentuh tanah. Kedua telapak kaki beliau sangat halus sehingga air tidak menempel padanya; air yang menyentuhnya langsung menghilang tanpa meninggalkan bekas. Saat berjalan, tubuh beliau sedikit bergoyang. Beliau melangkah dengan tenang dan langkah yang lebar, seolah-olah sedang menuruni permukaan yang landai.

Ketika menoleh, beliau menoleh (berbalik) dengan seluruh badan beliau. Beliau sering menundukkan pandangan, beliau lebih sering memandang ke bawah daripada mendongak. Beliau selalu melihat sesuatu dengan penuh perhatian. Ketika berjalan bersama para sahabat, beliau selalu membiarkan mereka berjalan di depan. Dan, setiap kali bertemu dengan seseorang, beliau selalu mengucapkan salam terlebih dahulu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Sa’ad, Baihaqi, dan Ibnu Adi).

Berdasarkan hadits tersebut, wajah Nabi Muhammad SAW bersinar seperti bulan purnama, dengan alis yang panjang dan melengkung. Hidungnya mancung dan kulitnya terang dengan sedikit kemerahan. Beliau memiliki jenggot yang lebat dan senyuman yang lebar, menampilkan kesan ramah dan lembut.

Dalam hadits lainnya, para sahabat semakin menekankan bahwa wajah Nabi Muhammad terang benderang dan diibaratkan seperti sebuah bulan yang begitu indah.

Jabir bin Samurah meriwayatkan, “Saya melihat Rasulullah SAW pada sebuah malam yang terang benderang oleh cahaya bulan. Beliau mengenakan baju berwarna merah. Saya menatap beliau dan memandang bulan. Sungguh, menurutku, beliau lebih indah daripada bulan.” (HR. Tirmidzi, Darimi, Abu Syekh, Hakim, dan Thabrani).

Diriwayatkan bahwa seorang lelaki bertanya kepada Bara’ ibnu Azib, “Apakah wajah Rasulullah SAW (berkilau) seperti pedang?” Bara’ menjawab, “Tidak. Wajah beliau bagaikan bulan.” (HR. Tirmidzi, Bukhari, Darimi, dan Ahmad).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar