Dua Jenis Riya Dalam Islam Yang Patut Dihindari: Kholish dan Syirik

Jenis Riya Dalam Islam

Hajinews.co.idRiya merupakan penyakit hati dan perbuatan buruk yang patut dihindari umat Islam. Orang Riya biasanya digambarkan sebagai orang yang senang berbuat baik dengan tujuan agar dilihat orang lain.

Merujuk pada buku Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 4 milik Syaikh Muhammad al-Utsaimin, riya sendiri secara bahasa berasal dari kata Arriyaa’u  yang berarti “menunjukkan” atau “memperlihatkan”. Riya adalah suatu perbuatan menunjukkan amal baik kepada orang lain, padahal tujuan utama berbuat baik adalah ibadah dan beramal  untuk mendapatkan keridhaan Allah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Allah melarang dengan tegas perbuatan riya seperti yang difirmankan dalam surat Al-Baqarah 264. Imam an-Nawawi dalam bukunya Riyadhush Shalihin mengatakan hal senada, bahwa surat Al-Baqarah ayat 264 merupakan dalil pengharaman riya.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ

Arab Latin: Yaa ayyuhalladzina aamanuu laa tubtiluu ṣadaqaatikum bil-manni wal-adza kalladzi yunfiqu maalahuu ri`aa`an-naasi wa laa yu`minu billaahi wal-yaumil-aakhir

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, jangan membatalkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia, sedangkan dia tidak beriman kepada Allah dan hari Akhir.

Perilaku riya dapat mengugurkan segala bentuk pahala yang seharusnya didapatkan seorang muslim. Untuk mengetahui lebih lanjut, detikers perlu mengenali dua jenis riya, berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Riya

Riya adalah penyakit hati yang dapat menggugurkan pahala dan sudah semestinya dijauhi. Ada dua jenis riya mengutip dari buku Dosa-Dosa Besar oleh Hafidz Muftisany. Di bawah ini penjelasan lengkapnya.

Riya Kholish

Riya kholish masuk jenis riya perbuatan. Contoh riya jenis ini seseorang melakukan ibadah atau kebaikan hanya karena ingin mendapatkan pujian dan perhatian dari sesama manusia. Tujuan dari riya jenis ini umumnya adalah untuk memperoleh pujian.

Riya kholish terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Riya Badan

Riya badan umumnya dilakukan dengan memamerkan wajah bersinar karena rajin berwudhu dan sholat.

  1. Riya Pakaian

Riya pakaian contohnya ketika seorang muslimah menggunakan jilbab panjang dan tertutup hanya untuk mendapat penilaian dia sebagai orang yang alim.

  1. Riya Ucapan

Riya ucapan contohnya ketika membaca Al-Qur’an dengan suara lantang dan merdu di depan banyak orang agar dipuji. Hatinya tidak ikhlas dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

  1. Riya Perbuatan

Riya perbuatan dicontohkan saat sholat melakukan gerakan seperti ruku’, sujud atau bahkan berlama-lama berdiri agar dilihat khusyuk saat mengerjakan sholat.

  1. Riya Syirik

Riya syirik menunjukkan suatu perbuatan yang dilakukan dengan niat untuk menjalankan semua perintah Allah SWT, namun juga mempunyai niat lain agar mendapatkan pujian dan perhatian dari masyarakat. Riya jenis ini timbul karena kurangnya pemahaman mengenai tujuan amal dan ibadah yang dilakukan.

Contoh dari riya syirik adalah dengan mengabadikan kegiatan ibadah atau perbuatan baik dalam bentuk foto atau video kemudian diunggah ke media sosial. Foto dan video tersebut sengaja diunggah untuk mendapat pujian.

Apa Saja Bahaya Riya?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, riya adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Kembali mengutip buku yang sama Dosa-Dosa Besar, berikut beberapa bahaya riya:

  • Menjadikan amal ibadah yang akan mendatangkan pahala dan kebaikan justru hilang, bahkan akan berakhir dengan dosa
  • Menghapus pahala untuk amalan baik yang sudah dilakukan
  • Riya lebih bahaya dibanding fitnah
  • Timbul kesempitan di dalam hidup seseorang
  • Orang yang melakukan riya akan terhalang untuk mendapatkan hidayah dari Allah SWT
  • Hilangnya kharisma atau wibawa di hadapan manusia lainnya
  • Terjebak dalam kesombongan yang dibuat sendiri dan akan membuat sulit dalam hidupnya sendiri
  • Mendapatkan siksa akhirat

Naudzubillah min dzalik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *