NasDem Angkat Bicara di Tengah Isu Anies Gagal Maju di Pilgub Jakarta

NasDem Angkat Bicara di Tengah Isu Anies Gagal Maju di Pilgub Jakarta (foto istimewa)

Hajinews.co.id — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem angkat suara di tengah peluang Anies Baswedan yang mulai menyempit untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

NasDem bersama PKS semula menjadi partai yang telah menyatakan dukungan ke Anies. Belakangan, NasDem mulai bersikap pasif. Sedangkan PKS mulai membuka opsi untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang bakal menjagokan Ridwan Kamil.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim mengatakan sampai saat ini belum bisa dikatakan Anies gagal mendapatkan tiket di Pilgub.

“Kan belum tentu gagal, daftar aja belum buka kok dibilang gagal,” kata Hermawi Taslim lewat pesan singkat, Sabtu (10/8).

Terkait langkah PKS, Hermawi menyatakan pihaknya menghormati kedaulatan dan independensi setiap partai. Dia berharap setiap pilihan itu tak menghambat untuk tetap bersilaturahmi.

Hermawi belum mau bicara tegas soal sikap partainya. Dia bilang sikap NasDem paling lambat akan disampaikan jelang pendaftaran KPU pada 27 Agustus mendatang.

“Pada prinsipnya kita menghormati kedaulatan dan independensi masing-masing partai. Kita menghargai pilihan masing-masing dengan harapan silahturahmi tetap terjalin dengan baik,” katanya.

Sikap NasDem kepada Anies Baswedan sempat disindir PKS. Juru Bicara PKS Muhammad Kholid sempat mempertanyakan sikap NasDem karena tak kunjung mengeluarkan SK dukungan kepada Anies.

Padahal, sebelum PKS mengeluarkan dukungan, mereka disebut sudah menjalin kesepakatan dengan NasDem. Baik Anies maupun NasDem juga diberikan waktu hingga 4 Agustus untuk memenuhi syarat pencalonan 22 kursi DPRD.

“Secara lisan iya. Tapi, jadi secara tertulis SK belum dikirimkan,” kata Kholid di program Political Show CNN Indonesia, Senin (5/8) malam.

Parpol lain yang sempat menyatakan ketertarikan pada Anies adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun belakangan partai yang mengusung Anies di Pilpres lalu bersama Ketumnya, Muhaimin Iskandar ini, juga cenderung merapat ke KIM.

“Ya, komunikasi sama Gerindra,” kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (9/8) kemarin.

sumber: CNN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *