Amalan Apa Yang Bisa Mendekatkan Jodoh? Simak Tipsnya!

Amalan Apa Yang Bisa Mendekatkan Jodoh
Amalan Apa Yang Bisa Mendekatkan Jodoh

Hajinews.co.idTindakan apa saja yang bisa mendekatkan Jodoh? Pertanyaan seperti ini mungkin ada di benak sebagian umat Islam, terutama yang sedang menantikan jodoh dalam waktu dekat.

Rezeki, jodoh bahkan kematian merupakan rezeki yang sebenarnya telah ditetapkan oleh Allah SWT. Al-Qur’an juga menjelaskan bahwa semua manusia telah dipasangkan oleh Allah dan dijanjikan rezeki . Hal ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam surat An-Nahl ayat 72.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَـكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا وَّ جَعَلَ لَـكُمۡ مِّنۡ اَزۡوَاجِكُمۡ بَنِيۡنَ وَحَفَدَةً وَّرَزَقَكُمۡ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ‌ؕ اَفَبِالۡبَاطِلِ يُؤۡمِنُوۡنَ وَبِنِعۡمَتِ اللّٰهِ هُمۡ يَكۡفُرُوۡنَۙ‏

Artinya: “Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?”.

Akan tetapi, meski sudah dijamin oleh Allah Swt, kita sebagai manusia masih perlu sebuah usaha untuk mendapatkannya kelak. Dalam hal ini, umat Muslim dianjurkan untuk ikhlas dan terus berdoa agar didekatkan jodohnya oleh Allah Swt.

Lalu, adakah amalan untuk mendekatkan jodoh ? Berikut ulasannya.

Amalan Apa yang Bisa Mendekatkan Jodoh?

1. Perbanyak Doa

Doa adalah perantara terbaik antara seorang hamba dengan Allah Swt. Ketika kita meyakini status diri sebagai hamba dan mengharapkan suatu kebaikan dari Allah, niscaya tidak akan ditolak apa pun doa atau harapannya, termasuk jodoh.

Selain melafalkan doa khusus tentang jodoh yang bisa dirangkai dengan bahasa sendiri, umat Muslim juga bisa mengamalkan beberapa ayat yang ada di dalam Al Qur’an. Misalnya doa yang dipanjatkan oleh Nabi Zakaria as pada surat Al-Anbiya ayat 89.

وَزَكَرِيَّاۤ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرۡنِىۡ فَرۡدًا وَّاَنۡتَ خَيۡرُ الۡوٰرِثِيۡنَ‌

Latin: Wa Zakariyyaaa iz naadaa Rabbahuu Rabbi laa tazarnii fardanw wa Anta khairul waarisiin

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.

Selain itu, bisa juga menggunakan Surat Al Furqan ayat 74:

وَالَّذِيۡنَ يَقُوۡلُوۡنَ رَبَّنَا هَبۡ لَـنَا مِنۡ اَزۡوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعۡيُنٍ وَّاجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِيۡنَ اِمَامًا

Latin: Wallaziina yaquuluuna Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyaatinaa qurrata a’yuninw waj ‘alnaa lilmuttaqiina Imaamaa

Artinya: Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

2. Sering Beristighfar

Penceramah kondang Gus Baha dalam salah satu tausiyahnya pernah mengatakan bahwa salah satu upaya untuk mendapatkan jodoh adalah melafalkan dzikir yang diyakini mampu menyelesaikan segala macam masalah jika diamalkan secara konsisten. Kalimat tersebut adalah istighfar.

Menurut beliau, memperbanyak istighfar akan meningkatkan potensi hajat kita dikabulkan oleh Allah Swt. Gus Baha juga menambahkan tujuan dari istighfar adalah agar kita bisa introspeksi dan memperbaiki diri, karena jodoh merupakan cerminan diri.

Lebih jauh, melafalkan istighfar juga menjadi satu hal kebaikan, sehingga kita pun bisa mendapat keringanan dengan Rahmat dan ampunan-Nya. Adapun bacaan istighfar yang bisa Anda amalkan sebagai berikut:

‘Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih’.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha hidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya,”

3. Mengamalkan Ibadah Sunnah

Menambah ibadah sunnah juga bisa menjadi cara untuk mendekatkan kita kepada jodoh. Amalannya cukup banyak, dari ringan maupun yang agak berat.

Sebut saja seperti mengamalkan salat tahajud, shalat hajat, puasa sunnah, dan amalan lainnya.

4. Berbuat Baik kepada Sesama

Selain itu, seorang Muslim juga tetap harus berbuat baik kepada sesama. Berbuat kebaikan bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan jodoh, seperti bersedekah kepada fakir miskin, yatim piatu, berzakat, dan lainnya.

Jadi, jangan lupa untuk berbuat baik kepada sesama manusia. Alasannya karena hal-hal baik yang kita lakukan pastinya disenangi Allah Swt, sehingga dapat meningkatkan potensi agar dimudahkan segala urusan ke depannya.

5. Terus Memperbaiki Diri

Sedikit dijelaskan di atas, jodoh adalah cerminan diri. Jadi, kita tidak boleh berputus asa ketika jodoh belum datang-datang.

Bisa jadi, Allah Swt masih ingin kita memperbaiki diri menjadi lebih baik. Alhasil, nantinya kita akan dipertemukan dengan jodoh yang baik dan akan kekal sampai akhir hayat.

Jadi, terjawab sudah pertanyaan mengenai Amalan apa yang bisa mendekatkan jodoh?. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *