Mencengangan! Sri Mulyani Akhirnya Ungkap Biaya Upacara HUT RI di IKN Tembus Rp87 M

Ilustrasi IKN (istimewa)

Hajinews.co.id — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan anggaran sebesar Rp87 miliar untuk upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata mengatakan anggaran naik dibandingkan upacara HUT RI di Jakarta tahun lalu sebesar Rp53 miliar.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk perayaan 17 Agustus di IKN, kalau dibanding tahun lalu di Jakarta itu Rp53 miliar,” kata Isa dalam konferensi pers APBN di Kementerian Keuangan, Selasa (13/8).

Isa mengatakan kenaikan anggaran terjadi karena pengadaan alat-alat upacara dan sarana di IKN.

“Kenaikannya memang terutama karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di sana (IKN). RIncian biaya yang besar itu alat-alat upacaranya kemudian sarana fisiknya,” kata Isa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menilai pembengkakan anggaran upacara peringatan HUT RI ke-79 tahun masih dalam batas wajar. Pembengkakan anggaran terjadi karena tahun ini upacara dilaksanakan di dua tempat, yakni IKN Nusantara dan Jakarta.

Upacara kemiliteran digelar di IKN, sedangkan hiburan rakyat digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Iya namanya dulu hanya di satu tempat. Ini karena ada transisi sehingga menjadi di dua tempat,” kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Jumat (9/8).

sumber: CNN

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *