Inilah Tinggi Badan Nabi Muhammad SAW Menurut  Hadits

Tinggi Badan Nabi Muhammad SAW
ilustrasi: Tinggi Badan Nabi Muhammad SAW

Hajinews.co.idTinggi Nabi Muhammad SAW memang belum dijelaskan secara spesifik. Namun tingginya diperkirakan dalam beberapa hadits.

Sebagaimana diketahui, wajah dan wujud fisik Rasulullah SAW tidak dilukiskan dan tidak digambarkan. Namun sahabat dan keluarganya banyak bercerita tentang ciri-ciri fisik Nabi SAW.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dalam kutipan buku “Sejarah Terlengkap Nabi Muhammad SAW: Dari Sebelum Masa Kenabian hingga Sesudahnya oleh Abdurrahman bin Abdul Karim, ciri-ciri fisik Nabi Muhammad SAW banyak disebutkan dalam hadits. Namun agama Islam melarang penggambaran Nabi SAW dalam bentuk apapun, baik berupa patung, gambar, atau lukisan

Ukuran Tinggi Badan Nabi Muhammad SAW

Diterangkan dalam buku Al-Itqan fi Ulumil Quran oleh Imam Jaluddin al-Suyuthi yang diterjemahkan Muhammad Halabi, tinggi Rasulullah SAW disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

“Nabi Muhammad tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Memiliki warna kulit yang tidak terlalu putih tetapi juga tidak terlalu sawo matang. Rambutnya tidak terlalu keriting dan juga tidak terlalu lurus.” (HR Bukhari dan Muslim)

Selain itu, ulama yang bernama Ibnu Taimiyyah pernah berkata, “Bentuk tubuh Rasulullah adalah yang paling sempurna dan paling indah sebagai tanda kesempurnaan beliau.”

Kemudian, Imam At Tirmidzi berpendapat dalam Syamail Al Muhammadiyah bahwa tinggi badan Nabi Muhammad SAW sedang, yaitu tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Ini sama seperti yang disebutkan dalam hadits sebelumnya.

Ciri Fisik Rasulullah SAW Lainnya

Selain tinggi badan, ciri fisik Nabi Muhammad SAW juga digambarkan dalam beberapa hadits. Menurut buku Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW dalam Sorotan Al-Quran dan Hadis-hadis Shahih oleh M Quraish Shihab, Rasulullah SAW memiliki kepala yang besar dan bentuk wajah yang tak terlalu bulat.

Selain itu, kedua bahu sang rasul juga bidang. Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari disebutkan sebagai berikut,

“Rasulullah SAW mempunyai perawakan sedang serta kedua bahunya bidang.” (HR Bukhari)

Lalu dijelaskan dalam buku The Greatest Story of Muhammad karya Mustafa Khalid, Rasulullah SAW memiliki bulu mata yang lentik dan berwarna hitam. Area pinggiran matanya sangat gelap dan kerap kali disangka memakai celak. Alis beliau lebat dan hampir menyatu.

Dari Ali Bin Abi Thalib RA berkata,

“Postur tubuh Rasulullah SAW tidak terlalu tinggi dan terlalu pendek. Beliau memiliki perawakan yang sedang dibandingkan kaumnya. Rambut beliau tidak terlalu keriting dan tidak lurus tergerai. Beliau berambut ikal, tidak gemuk, dan wajah beliau tidak terlalu bulat. Kulit beliau putih kemerah-merahan. Beliau memiliki bola mata yang hitam pekat, bulu mata yang lentik, serta bahu yang lebar tidak berbulu. Dada beliau berbulu. Telapak tangan dan kaki beliau tebal. Ketika berjalan, beliau seakan-akan melangkah menuruni tanah yang landai. Ketika menoleh, beliau menoleh (berbalik) dengan seluruh badan. Di antara kedua bahu beliau, terdapat tanda kenabian. Beliau adalah nabi terakhir, manusia yang paling lapang dada, ucapannya paling bisa dipercaya, karakternya paling lembut, dan cara bergaulnya paling mulia.

Siapa pun yang pertama kali melihat beliau, pasti akan segan. Tetapi, orang yang telah lama bergaul dengan beliau pasti mencintai beliau. Siapa pun yang mencoba menggambarkan karakter beliau pasti berkata, ‘Aku tidak pernah melihat seseorang pun yang sama seperti Rasulullah SAW, baik sebelum maupun setelah beliau (wafat).” (HR Tirmidzi, Ibnu Sa’ad, dan Baihaqi).

Berdasarkan hadits di atas, diterangkan pula bahwa Rasulullah SAW juga memiliki rambut yang ikal dan postur tubuh yang tidak gemuk.

Wallahu a’lam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *