Waduh! Luhut Tiba-Tiba Salahkan Sri Mulyani, Kenapa?

Waduh! Luhut Tiba-Tiba Salahkan Sri Mulyani, Kenapa? (foto istimewa)

Hajinews.co.id — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan bahwa investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia sangat rendah dalam waktu 30 tahun belakangan ini.

Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil identifikasi gugus tugas yang ia buat.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menurut Luhut, pihaknya pun telah melaporkan temuan tersebut kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto. Sehingga, rendahnya iklim investasi migas di Indonesia dapat segera diatasi.

“Saya meminta mereka untuk mengidentifikasi mengapa selama 30 tahun terakhir kita memiliki sangat sedikit, mungkin nol investasi baru di bidang migas. Jawabannya adalah ini ada 11 hal yang harus kita perbaiki,” ujar Luhut dalam Supply Chain & National Capacity Summit 2024 di Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Luhut membeberkan rendahnya iklim investasi migas di Indonesia terjadi karena adanya kebijakan yang salah dari Kementerian Keuangan. Oleh sebab itu, hal ini perlu diperbaiki.

“Jadi, saya juga bilang ke kolega kita dari Menteri Keuangan (Menkeu), ada yang salah dengan kalian. 30 tahun tidak ada investasi, pasti ada yang salah dengan regulasinya. Kita harus mengubah atau memperbaiki regulasi ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) membeberkan bahwa investasi sektor hulu migas RI pada Semester 1-2024 ini “hanya” terealisasi sebesar US$ 5,6 miliar atau setara Rp 90,7 triliun (asumsi kurs Rp 16.200 per US$).

sumber: cnbc

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *