Kultum 528: Membaca 100 Ayat Berpahala Shalat Sepanjang Malam

Membaca 100 Ayat Berpahala Shalat Sepanjang Malam
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Kadang kita berpikir bahwa untuk mendapat pahala yang besar, kita harus melakukan amalan yang juga besar. Pikiran seperti ini tidak selalu benar. Kadangkala hal itu memang benar, seperti misalnya pergi Haji atau Umrah. Tapi sekalai lagi Allah Subhanahu wata’ala membuka kesempatan mendapat pahal besar kapan saja dan di mana saja.

Salah satu amalan ringan yang mendapat pahala besar itu adalah membaca al-Qur’an. Ya, membaca al-Qur’an itu amalan ringan tapi berpahala banyak dan besar. Dan membaca Al-Qur’an adalah satu di antara ibadah paling utama untuk mendekatkan diri kepada Allah. Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا

الصَّلَاةَ وَأَنفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرّاً

وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَّن تَبُورَ

Artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi (QS. Fathir, ayat 29).

Bayangkan, hanya dengan membaca al-Qur’an, kita sudah berpahala seperti kita “berniaga dengan Allah Subhanahu wata’ala”. Bahkan, dengan membaca al-Qur’an kita mendapat pahala yang besar sebagaimana dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam,

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله

عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ

قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ

حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ

حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya:

Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tirmidzi, dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Di dalam riwayat lain, dijelaskan bahwa

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بن مسعود رضى الله

عنه قَالَ : تَعَلَّمُوا هَذَا الْقُرْآنَ ،

فَإِنَّكُمْ تُؤْجَرُونَ بِتِلاَوَتِهِ بِكُلِّ حَرْفٍ

عَشْرَ حَسَنَاتٍ ، أَمَا إِنِّى لاَ أَقُولُ بِ

الم وَلَكِنْ بِأَلِفٍ وَلاَمٍ وَمِيمٍ بِكُلِّ

حَرْفٍ عَشْرُ حَسَنَاتٍ

Artinya:

Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Pelajarilah Al-Qur’an ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan” (HR. Ad-Darimy, no. 660).

Hadits tersebut menunjukan bahwa siapapun yang membaca Al-Qur’an baik paham atau tidak paham, maka dia akan mendapatkan ganjaran pahala sebagaimana yang dijanjikan. Dan sesungguhnya kemuliaan Allah Ta’ala itu Maha Luas, meliputi seluruh makhluk, baik orang Arab atau ‘Ajam (yang bukan Arab), baik yang bisa bahasa Arab ataupun yang tidak bisa.

Satu hal yang mungkin perlu kita pahami adalah bahwa setiap kali kita membaca Al-Qur’an, bacaan kita akan semakin lancar. Jadi, semakin sering dan rutin kita membaca Al-Qur’an, maka semakin bagus bacaan dan pemahaman kita terhadap ayat-ayat yang kita baca setipa hari. Jika sudah demikian, maka kita akan sampai pada pahal yang dijajikan Allah sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam,

عنْ تَمِيمٍ الدَّارِىِّ رضى الله عنه

قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ قَرَأَ

بِمِائَةِ آيَةٍ فِى لَيْلَةٍ كُتِبَ

لَهُ قُنُوتُ لَيْلَةٍ

Artinya:

Dari Tamim Ad-Dari Radhiyalahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam” (HR. Ahmad, dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

Nah, terbukti bahwa untuk mendapatkan pahala besar seukuran “pahala shalat sepanjang malam”, kita tidak harus berdiri sepanjang malam dan sujud sepanjang malam. Kita cukup mendapatakannya dengan cara membaca Al-Qur’an sebanyak 100 ayat saja, dan intu akan memerlukan waktu sekitar 30 – menit.

Semoga janji Allah Subhanahu wata’ala yang disampaikan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ini bisa membuat kita semakin bersemangat meraih ridha Allah Azza wa Jalla untuk mengumpulkan bekal menghadap-Nya kelak, aamiin. Allahu ya’lam.

Semoga yang kita baca ini menjadi pengingat menambah iman kita, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                  —ooOoo—

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *