Tahukah Umat Islam Makna Kemerdekaan Dalam Islam?

Makna Kemerdekaan Dalam Islam
Kemerdekaan RI

Hajinews.co.idUmat Islam hendaknya memahami makna kemerdekaan dalam Islam. Karena umat Islam patut mensyukuri kemerdekaan Indonesia.

Mengetahui makna kebebasan dalam Islam juga berarti mengetahui batas-batas kebebasan yang ditetapkan syariat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kemerdekaan diartikan sebagai kebebasan, kemampuan untuk menyendiri dan tidak lagi terjajah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Secara konseptual, kemerdekaan berarti kebebasan individu untuk melakukan apa yang diinginkannya tanpa dipengaruhi oleh orang lain. Kemerdekaan sekarang disebut al-Hurriyah dalam bahasa Arab.

Makna Kemerdekaan dalam Islam

Mengutip dari buku Al Qur’an sebagai Sumber Hukum yang disusun Alik Al Adhim, dalam Al-Qur’an kemerdekaan disebut sebagai al-Hurriyah. Islam menghormati kemerdekaan individu, kemerdekaan berfikir, kemerdekaan berbicara, bahkan kemerdekaan memilih dan menentukan agama dan jalan hidupnya. Ini diterangkan dalam surah Al Baqarah ayat 256,

لَآ إِكْرَاهَ فِى ٱلدِّينِ ۖ قَد تَّبَيَّنَ ٱلرُّشْدُ مِنَ ٱلْغَىِّ ۚ فَمَن يَكْفُرْ بِٱلطَّٰغُوتِ وَيُؤْمِنۢ بِٱللَّهِ فَقَدِ ٱسْتَمْسَكَ بِٱلْعُرْوَةِ ٱلْوُثْقَىٰ لَا ٱنفِصَامَ لَهَا ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Bahkan, kemerdekaan termasuk salah satu prinsip dalam penerapan hukum Islam. Diterangkan dalam buku Pemikiran dan Filsafat Hukum Islam yang ditulis Prof Dr Izomiddin MA, kemerdekaan dan kebebasan dalam Islam menghendaki agar agama Islam disiarkan tidak berdasar paksaan, melainkan berdasarkan penjelasan, demonstrasi dan argumentasi.

Jadi, makna kemerdekaan dalam Islam luas jangkauannya hingga mencakup berbagai macam. Baik itu kebebasan individu, maupun kebebasan berkelompok.

Selain al-Hurriyah, kemerdekaan dalam Islam juga disebut sebagai al-Istiqla. Kata tersebut ditafsirkan sebagai al-taharrur wa al-khalash min ay-qaydin wa saytharah ajnabiyyah atau bebas dan lepas dari segala bentuk ikatan dan penguasaan pihak lain.

Secara syariah, makna kemerdekaan dalam Islam berarti kondisi ketika seseorang sadar dan berusaha keras untuk memposisikan diri sebagai hamba Allah SWT. Jadi, muslim harus tunduk kepada Allah SWT semata, tidak ada selain-Nya.

Kemerdekaan dalam Aspek Kemanusiaan Menurut Islam

Menurut buku Sistem Masyarakat Islam dalam Al Quran dan Sunnah oleh dr Yusuf Qardhawi yang diterjemahkan Abdus Salam Masykur Lc, kemerdekaan atau kebebasan dalam aspek kemanusiaan tiap-tiap individu menurut Islam mencakup:

  • Kebebasan beragama
  • Kebebasan berpikir
  • Kebebasan berpolitik
  • Kebebasan bertempat tinggal
  • Segala bentuk kebebasan yang hakiki dalam kebenaran

Itulah makna kemerdekaan menurut Islam dan informasi terkaitnya. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *