Inilah Nama Kucing Nabi Muhammad SAW, Artinya Tersayang

Nama Kucing Nabi Muhammad SAW
Kucing

Hajinews.co.idKucing Nabi Muhammad SAW diberi nama Muezza. Kucing ini adalah salah satu hewan favorit Nabi Muhammad SAW.

Kata Muezza atau Mu’izza berarti “yang tersayang” atau “yang paling berharga” dalam bahasa Arab. Hal ini menunjukkan betapa besarnya kecintaan Nabi SAW terhadap hewan kesayangannya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Rasulullah SAW mengutip dari buku “Ta’lim Muta’alim oleh Goldenyouth Publishing dan terinspirasi dari Abu Hurairah yang sangat menyukai kucing. Kucing Rasulullah SAW yang bernama Muezza merupakan kucing yang sangat penurut dan penyayang.

Muezza dipelihara oleh Rasulullah SAW pada perang Uhud. Muezza sering digendong oleh Nabi SAW dan diletakkan di pahanya sambil dibelai.

Salah satu yang sangat Rasulullah sukai dari Muezza adalah ia selalu mengeong saat adzan berkumandang. Kucing tersebut seolah-olah sedang menjawab panggilan sholat.

Rasulullah sangat menyayangi Muezza, pernah suatu ketika saat Rasulullah mendapati Muezza sedang tidur di atas jubahnya, padahal Rasulullah hendak memakai jubah tersebut. Rasulullah tidak ingin mengganggu tidur Muezza, sehingga beliau memilih untuk memotong bagian lengan baju yang digunakan Muezza sebagai tempat tidur.

Rasulullah berpesan kepada umatnya yang memelihara kucing untuk selalu menyayangi mereka. Dengan cara memberi makan, minum, hingga merawat mereka.

Balasan bagi orang yang memelihara hewan tapi tidak dirawat dengan baik adalah siksa neraka. Hal ini sebagaimana riwayat Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai.” (HR Bukhari)

Hewan-Hewan Peliharaan Nabi Muhammad SAW

Rasulullah tidak akan pernah membiarkan seekor hewan mati dalam keadaan kelaparan. Semasa hidup, Rasulullah diketahui memiliki beberapa hewan peliharaan lain selain kucing yaitu, dari domba hingga unta.

Mengutip kitab Zadul Ma’ad oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah yang diterjemahkan Syaikh Syu’aib al-Arna’uth, berikut hewan-hewan peliharaan Rasulullah:

  1. Unta

Dikatakan, Nabi Muhammad SAW memiliki 45 ekor unta perahan dan satu ekor unta yang mahir dari peternakan Bani Uqail. Saat hijrah ke Madinah, beliau mengendarai unta yang dinamai Al-Qashwa.

Kemudian unta bernama Al-Adhba dikenal sebagai unta tercepat dan tidak ada unta yang mampu menyainginya. Namun, seorang Arab Badui yang menunggang unta kecil ternyata mampu menyainginya. Kala itu, Rasulullah SAW pun bersabda:

“Suatu kepastian dari Allah untuk tidak mengingat sesuatu dari dunia melainkan kemudian akan merendahkannya.” (HR Bukhari, Abu Dawud, An-Nasa’i, dan Ahmad).

  1. Kuda

Selanjutnya Nabi Muhammad SAW memelihara tujuh ekor kuda. Kuda pertama yang dimiliki Nabi Muhammad bernama As-Sakb, berwarna hitam kemerah-merahan dengan bercak putih di jidatnya.

Ada kuda lain berwarna abu-abu yang diberi nama Al-Murtazah yang pernah ditunggangi oleh Khuzaimah bin Tsabit. Kemudian ada kuda yang bernama Al-Luhaif, Al-Lizaz, Azh-Zharid, Sabhah, dan Al-Ward.

  1. Bagal

Bagal adalah hewan yang merupakan keturunan dari kuda betina dan keledai jantan, atau sebaliknya. Seekor bagal berwarna kelabu pemberian Al-Muqaiqis diberi nama Duldul.

Adapun bagal yang diberi nama Fidhah yang merupakan pemberian dari Farwah Al-Judzami. Diceritakan pula jika Raja Najasyi pernah menghadiahkan seekor bagal kepada beliau dan pernah ditunggangi.

  1. Keledai

Dari semua keledai yang dimiliki Rasulullah, ada keledai pemberian Raja Mesir, Al-Muqauqis yang diberi nama Ufair.Ada yang menyebutkan bahwa Sa’ad bin Ubadah pernah memberikan kepada Nabi SAW seekor keledai yang biasa ditungganginya.

  1. Domba

Diriwayatkan jika Rasulullah memiliki 100 ekor domba. Beliau tidak ingin jumlahnya melebihi itu, sehingga setiap kali seekor bayi domba lahir, beliau langsung menyembelih seekor domba dewasa sebagai gantinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *