Pakar Ungkap 4 Kebiasaan Makan yang Bisa Memperpanjang Umur, Apa Sajakah?

Kebiasaan Makan yang Bisa Memperpanjang Umur

Hajinews.co.idSetiap orang pasti ingin hidup sehat dan panjang umur. Sebenarnya rahasia umur panjang tidak serumit yang Anda bayangkan. Bahkan kebiasaan sederhana yang kita ikuti saat makan dapat memengaruhi peluang kita untuk hidup lebih lama.

Jadi kebiasaan makan apa yang bisa membantu kita hidup lebih sehat dan panjang umur? Berikut beberapa tips dari pakar nutrisi yang dirangkum CNBC Make It.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

  1. Perbanyak Konsumsi ‘Whole Foods’

‘Whole foods’ adalah istilah untuk makanan yang tidak mengalami proses pengolahan yang terlalu panjang atau lama. Makanan seperti buah, sayuran, kacang-kacangan umumnya tergolong dalam kategori ini.

Neil Paulvin, peneliti yang mempelajari tentang panjang umur, secara khusus menyarankan untuk mengonsumsi blueberry dan menyebutnya sebagai ‘holy grail’ dari makanan untuk memperpanjang usia.

“Antioksidan membantu melindungi sel yang sehat, mencegah kerusakan, dan terlibat dalam proses perbaikan DNA – dan blueberry kaya akan antioksidan tersebut. Buah ini mengandung antioksidan tinggi bernama antosianin, zat yang juga membuatnya berwarna biru,” ujarnya.

Dia menambahkan antosianin juga meningkatkan kemampuan kognitif dan fungsi vaskular.

  1. Batasi Makanan Ultra Proses

Makanan ultra proses (ultra-processed foods) cenderung mengandung gula dan garam yang tinggi. Sejumlah penelitian menemukan kebiasaan mengonsumsi makanan ultra proses dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit, termasuk jantung dan stroke.

Pakar diet Jinan Banna secara khusus menyarankan untuk menghindari minuman bersoda. Dia mengatakan minuman soda tidak menawarkan nutrisi apapun selain kalori tinggi dalam bentuk gula.

“Jadi, soda adalah kalori kosong, yang tidak memberi kita nutrisi apa pun yang kita butuhkan,” imbuhnya.

  1. Terapkan Diet yang Fleksibel

Profesor nutrisi dan epidemiologi dari Harvard TH Chan School of Public Health, dr Frank B Hu mengatakan diet tidak hanya harus sehat, tapi menyenangkan. Kuncinya adalah mengkombinasikan aneka makanan sehat untuk menciptakan pola diet yang cocok bagi masing-masing individu.

“Tidak ada satu jenis diet yang harus diikuti setiap orang agar bisa panjang umur dan lebih sehat. Menurut saya, ada berbagai pola diet, dan orang-orang dapat menciptakan diet gabungan mereka sendiri,” tuturnya.

“Begitulah cara untuk benar-benar meningkatkan kenikmatan dan kepatuhan jangka panjang terhadap pola makan,” sambung Hu.

  1. Manfaatkan Waktu Makan untuk Berinteraksi

Hubungan sosial kerap disebut sebagai salah satu faktor yang dapat memperpanjang umur. Menurut Hu, waktu makan adalah momen yang pas untuk berkumpul secara sosial.

“Hubungan antara makanan dan hubungan sosial sangatlah alami, karena makanan memang dapat mempertemukan orang-orang,” katanya.

Dengan memprioritaskan waktu makan sebagai momen untuk berkumpul, seseorang dapat menerima dua manfaat sekaligus yang terkait dengan panjang umur.

“Makan makanan sehat bersama-sama, tidak hanya menyehatkan tubuh kita, tetapi juga menyehatkan jiwa kita,” pungkas Hu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *