Rekomendasi Makanan Sehat Dari dr. Zaidul Akbar Untuk Balita, Imun Tubuh Kuat di Segala Musim

Makanan Sehat Dari dr. Zaidul Akbar Untuk Balita
dr Zaidul Akbar

Hajinews.co.id – dr. Zaidul Akbar, herbalis sekaligus pendakwah, kali ini merekomendasikan makanan sehat untuk anak balita.

Seperti pada kanal YouTube dr. Zaidul Akbar, Sabtu (17/8/2024), sebenarnya ada makanan sehat untuk anak balita yang bisa dicampur satu sama lain.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sesuai saran dr. Zaidul Akbar, makanan sehat untuk anak balita sebaiknya mengandalkan bahan alami dan sebisa mungkin menghindari makanan olahan.

Lalu apa saja makanan sehat untuk balita yang masih kecil?

Berikut 4 makanan balita sehat yang patut Anda ketahui, seperti yang disarankan oleh dr. Zaidul Akbar.

  1. Sayur dan buah

Menurut dr Zaidul Akbar, makanan sehat untuk balita sebaiknya dibiasakan sejak dini mengonsumsi makanan sehat atau istilahnya makanan living food seperti sayuran dan buah-buahan.

  1. Daging

Jika ingin memberikan daging untuk anak, berikanlah daging yang diolah sendiri tanpa campuran pengawet.

Jika ingin memberikan makanan sehat seperti daging untuk anak, dr Zaidul Akbar menyarankan jangan berikan daging yang sudah diolah seperti nugget atau sosis dan produk olahan lainnya.

Walaupun makanan olahan seperti nugget dan sosis itu enak dan sukai anak-anak, namun menurut dr Zaidul Akbar jenis makanan olahan seperti itu kurang baik jika dikonsumsi.

  1. Madu dan Habbatussauda

Biasakan juga anak-anak diberikan asupan dari produk-produk yang disebutkan di dalam Al-Qur’an, seperti madu, habbatussauda dan produk-produk kesehatan lainnya seperti makanan yang mengandung probiotik.

  1. Beras merah

Selanjutnya dr Zaidul Akbar menyarankan, sebaiknya hindari anak mengonsumsi nasi putih dan mengurangi makanan yang mengandung minyak-minyakan.

Untuk nasi putih, sebaiknya gunakan dari beras putih organik.

Bisa juga mengganti beras putih dengan beras coklat, beras hitam atau beras merah.

“Berbagai macam pilihan kepada mereka untuk anda berikan, sudah mulai menjauhkan mereka dari makanan-makanan yang tinggi karbohidrat,” sambung dr Zaidul Akbar.

Karbohidrat tak hanya bisa didapatkan dari nasi, Anda juga bisa mengganti nasi terutama nasi putih dengan kentang.

“Kita tetap kasih karbohidrat tapi dalam bentuk yang lain kan banyak, misalnya nasi putih bisa diganti dengan beras merah, beras coklat, atau mungkin kentang, sangat banyak,” tuturnya.

Referensi menu makanan sehat untuk balita.

Selain itu, dr Zaidul Akbar yang juga terkenal dengan konsep Jurus Sehat Rasulullah (JIS) ini juga memberikan menu makanan sehat lainnya untuk balita.

Menu makanan sehat berikut ini bisa jadi referensi untuk ibu-ibu di rumah dalam menyajikan makanan sehat untuk anak.

“Misalkan pagi-pagi nih kita bisa bikin bubur, bukan dari bubur beras putih biasa tapi bikin bubur alpukat. Anda kasih sedikit kurma dan sedIkit madu, Anda kasih sedikit garam,” katanya.

Makanan ini sangat powerfull untuk balita, pasalnya alpukat mengandung protein yang sangat tinggi kata dr Zaidul Akbar.

Terakhir, dr Zaidul Akbar juga menganjurkan para ibu-ibu di rumah untuk lebih berkreasi dalam memberikan makanan anak dengan bahan alami, sehingga imunitas anak akan lebih kuat nantinya.

“Jadi kita berkreasilah dalam memberikan makanan anak-anak dan indikatornya adalah anak-anak tersebut jauh lebih kuat dan tahan imunitasnya ketika menghadapai musim apapun itu salah satu indikatornya, Wallahu A’lam Bishawab,” pungkas dr Zaidul Akbar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *