Unik! Masjid Berbentuk Ka’bah di Sumbar, Dilengkapi Hajar Aswad Tiruan

Unik! Masjid Berbentuk Ka'bah di Sumbar, Dilengkapi Hajar Aswad Tiruan (foto ist)

Hajinews.co.id — Masjid unik berbentuk Ka’bah resmi berdiri di Sumatera Barat. Masjid ini dibangun persis meniru bentuk Ka’bah lengkap dengan batu suci Hajar Aswad.

Masjid yang baru tersebut diresmikan pada Sabtu (10/8/2024), lalu dibangun oleh tokoh masyarakat Ustaz Beni Warlis di atas lahan seluas satu hektare. Tepatnya di Nagari (Desa) Panampuang, Ampek Angkek, Agam.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Surau Ka’bah Inyiak Tuah Islamic Center, begitu masjid ini dinamakan, memiliki lebar dan tinggi yang lebih besar dibandingkan dengan Ka’bah asli. Ukurannya mencapai 15 meter x 15 meter dengan tinggi 14 meter.

Ustaz Beni Warlis mengatakan, tujuan pembangunan masjid berbentuk Ka’bah untuk mengembalikan fungsi surau sebagai fasilitas belajar, tempat rekreasi dan olahraga, hingga tempat istirahat. Apalagi, masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas internet.

“Surau ini dilengkapi internet untuk sarana belajar, tidak hanya agama, tapi juga tempat belajar musyawarah dan adat istiadat. Bahkan tempat istirahat bagi mereka yang usai beraktivitas, seperti petani atau pedagang,” jelas dia, dilansir dari Antara, Minggu (18/8/2024).

Bukan tanpa alasan masjid yang diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah ini dibangun mirip serupa Ka’bah. Ustaz Beni Warlis menyebut, hal ini agar masjid bisa memfasilitasi arena manasik haji dan wisata religi untuk masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah berharap pembangunan masjid ini bisa membantu untuk mengarahkan generasi muda mendapatkan aktivitas yang positif.

“Sumbar punya latar belakang yang spesifik dengan karakter keislaman. Itulah kebhinnekaan Indonesia,” ungkapnya.

Sumber:  detikcom

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *