Alhamdulillah! Arab Saudi akan Luncurkan Kereta Gantung untuk ke Gua Hira Tahun Depan

Alhamdulillah! Arab Saudi akan Luncurkan Kereta Gantung untuk ke Gua Hira Tahun Depan (foto its)

Hajinews.co.id — Kabar baik, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi (KSA) telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan sistem kereta gantung pada tahun depan guna memudahkan akses ke Gua Hira di Jabal Nur, Makkah, yang terletak pada ketinggian 634 meter.

Dilansir The Siasat Daily, Ahad (18/8/2024), tujuan proyek yang berlokasi sekitar empat kilometer dari Masjidil Haram itu untuk meningkatkan pengalaman ziarah dan memudahkan umat Islam berkunjung ke tempat bersejarah ini.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Saat diwawancar TV Arab Al Arabiya, CEO Samaya Investment Company, Fawaz Al-Muhrej, mengonfirmasi bahwa proyek kereta gantung tersebut akan beroperasi pada 2025. Al-Muhrej mengatakan bahwa proyek tersebut hampir selesai. Fasilitas kereta gantung akan membawa para peziarah dan wisatawan melalui rute kontemporer dan mudah untuk mengakses Gua Hira.

Proyek kereta gantung tersebut merupakan bagian dari “Distrik Budaya Hira,” yang dibuka tahun lalu di Kerajaan dan membentang lebih dari 67 ribu meter persegi. Wilayah ini terletak di dekat Jabal Nur, tempat Gua Hira yang menjadi tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama Alquran.

Sebelumnya, akses ke Gua Hira sulit karena ketinggian gunung dan jalan setapak yang kasar menuju ke sana. Namun, tahun ini jalan beraspal telah ditambahkan untuk memudahkan akses para jamaah.

Saat Republika mengunjungi Gua Hira pada musim Haji 2024 lalu, Gua Hira terlihat ramai dikunjungi jamaah haji dari berbagai belahan dunia, termasuk jamaah dari Indonesia. Pada Senin (24/6/2024) menjelang Subuh, jamaah haji sudah tampak mulai banyak yang berjalan menuju bukit Jabal Nur.

Dari bawah Jabal Nur, tampak pemandangan yang menakjubkan di malam hari, di mana lampu-lampu yang menggunakan tenaga surya menghiasi jalanan menuju puncak Jabal Nur. Sesuai namanya, gunung ini kini telah menjadi gunung yang dipenuhi cahaya.

Jalan menuju puncak Jabal Nur dibagi menjadi dua, ada yang berpasir dan ada jalan bertangga. Sebelum menuju puncak, jamaah haji juga melewati sebuah pos yang di dalamnya terdapat beberapa gambar di dinding yang menjelaskan tentang Jabal Nur dan Gua Hira.

Butuh fisik yang prima dan mental yang kuat untuk menaklukkan Jabal Nur. Ada 1.420 anak tangga yang harus dinaiki. Namun, dengan adanya kereta gantung ke Gua Hira tersebut, semoga tahun depan semua jamaah haji bisa lebih mudah lagi menuju Gua Hira dan merenungkan perjuangan Nabi dalam menerima wahyu pertamanya.

sumber: Repubilka

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *