Hikmah Pagi: Siapa Saja Yang Tergolong Fakir Miskin dan Apa Saja Haknya?

Siapa Saja Yang Tergolong Fakir Miskin
Fakir Miskin

Hajinews.co.idDalam Al-Qur’an dan hadis Disebutkan ada fakir atau Kaum Dhuafa. Fakir Miskin adalah kelompok yang harus Dikasihi.

Menurut Abdul Bakir, M.Ag. Dalam bukunya, TentangSeputar Fakir Dan Miskin: Seri Hukum Zakat yang Dijelaskan Secara Linguistik, kata “Fakir” atau “Faqir” merujuk pada orang yang memiliki sedikit kekayaan. Dan lawannya adalah Ghaniy yang artinya dia punya banyak kekayaan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sementara itu Istilah, para ahli mempunyai definisi Berbeda tentang Fakir miskin. Berikut detailnya:

– Hanafiyah

Mazhab Hanafiyah Mendefinisikan Bahwa Orang Faqir Itu Adalah Orang Yang Hartanya Tidak Mencapai Nishab Dari Harta Yang Produktif. Atau Bisa Juga Orang Yang Punya Harta Yang Memenuhi Nishab Namun Harta Itu Tidak Produktif, Dimana Habis Untuk Hajatnya.

– Asy-Syafiiyah Dan Al Hanabilah

Kedua Mazhab Ini Mendefinisikan Bahwa Orang Faqir Adalah Orang Yang Sama Sekali Tidak Punya Harta.

– Al Malikiyah

Ulama Mazhab Malikiyah Berpendapat Bahwa Orang Faqir Itu Adalah Orang Yang Masih Memiliki Harta, Namun Belum Mencukupi Untuk Memenuhi Kebutuhan Makanan Pokoknya Selama Setahun.

Golongan Fakir Miskin Disebutkan Beberapa Kali Dalam Al-Qur’an, Seperti Yang Termaktub Dalam Surah Al Isra Ayat 26,

وَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا ٢٦

Artinya: Berikanlah Kepada Kerabat Dekat Haknya, (Juga Kepada) Orang Miskin, Dan Orang Yang Dalam Perjalanan. Janganlah Kamu Menghambur-Hamburkan (Hartamu) Secara Boros.

Fakir Miskin Termasuk Dalam Golongan Yang Istimewa, Dalam Hadits Rasulullah SAW Bersabda,

“Ya Allah, Hidupkan Aku Dalam Keadaan Miskin, Dan Matikan Aku Dalam Keadaan Miskin. Dan Bangkitkan Di Padang Mahsyar Bersama Rombongan Orang-Orang Miskin Pada Hari Kiamat.”

Hak Fakir Miskin

Al-Qur’an Dan Hadits Telah Banyak Menerangkan Tentang Fakir Miskin Dan Hak-Hak Yang Menjadi Miliknya. Islam Memasukkan Fakir Miskin, Anak Yatim Dan Janda Sebagai Golongan Orang Yang Patut Dilindungi Sesama Muslim.

Merangkum Buku Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia Yang Disusun Oleh Prof. Dr. Raghib As-Sirjani Dijelaskan Tentang Hak-Hak Fakir Miskin Yang Merujuk Pada Dalil Al-Qur’an Dan Hadits.

  1. Memberikan Bantuan

Dari Abu Hurairah, Bahwa Terdapat Seorang Laki-Laki Mengadu Kepada Nabi Tentang Hatinya Yang Keras, Maka Nabi Bersabda, “Berilah Makanan Kepada Orang Miskin, Dan Usaplah Kepala Anak Yatim.”

Dalam Hadits Lain, Rasulullah SAW Bersabda, “Memberikan Bantuan Kepada Para Janda Dan Orang-Orang Miskin Seperti Mujahid Di Jalan Allah Atau Seperti Orang Yang Berdiri Shalat Malam Dan Berpuasa Siang.”

  1. Berbuat Baik

Fakir Miskin Menjadi Orang-Orang Yang Harus Diperlakukan Dengan Baik. Rasulullah SAW Menjelaskan Bahwa Orang Yang Berbuat Baik Kepada Fakir Miskin Dan Anak Yatim Akan Mendapat Pahala Yang Besar.

Rasulullah SAW Bersabda, “Saya Bersama Orang Yang Menjamin Anak Yatim Di Dalam Surga Seperti Ini.” Beliau Memberikan Isyarat Antara Jemari Tangan Yaitu Jari Telunjuk Dan Jari Tengah.

  1. Memberikan Infak

Dalam Hadits Rasulullah SAW Bersabda, “Sesungguhnya Harta Ini Hijau Dan Manis. Sebaik-Baik Seorang Muslim Adalah Apa Yang Diberikan Dari Hartanya Tersebut Kepada Orang-Orang Miskin, Anak Yatim Dan Musafir.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *