Indonesia Menjadi Negara Paling Religius di Dunia

Indonesia Menjadi Negara Paling Religius di Dunia
Indonesia Menjadi Negara Paling Religius di Dunia

Hajinews.co.idSurvei terbaru yang dilakukan Pew Research Center menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara paling taat beribadah dan religius. Persentase RI yang mengutamakan agama mencapai 98 persen.

Diterbitkan pada 9 Agustus 2024, survei ini diikuti oleh 102 negara selama 2008-2023. Jonathan Evans, peneliti senior di Pew Research Center, mengatakan survei tersebut menanyakan tentang pentingnya agama dan intensitas ibadah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Satu pertanyaan yang kami ajukan dalam setiap survei ini adalah ‘Seberapa penting agama dalam hidup Anda?’ Pertanyaan lain yang kami ajukan berulang kali adalah ‘Seberapa sering Anda beribadah’?” tulis Jonathan seperti dikutip dari situs Pew Research Center, Rabu (21/8/2024).

Dari pertanyaan-pertanyaan itu, Pew Research Center melihat pola yang secara luas serupa di 102 negara antara tahun 2008 hingga 2023. Hasil survei ini dibagi dua kategori, negara paling religius dan negara paling taat beribadah.

Survei menunjukkan tempat-tempat yang paling religius berlokasi di sub-Sahara Afrika, Amerika Latin dan wilayah Timur Tengah-Afrika Utara. Sementara itu, wilayah yang paling tidak religius cenderung berada di Eropa dan Asia Timur.

Setidaknya 90 persen orang dewasa di sub-Sahara Afrika menyatakan bahwa agama menjadi suatu hal penting dalam hidupnya. Ini merujuk pada wilayah Senegal, Mali, Tanzania, Guinea-Bissau, Rwanda dan Zambia.

Adapun, hampir semua orang di seluruh negara Eropa menyatakan paling tidak mungkin menganggap agama sangat penting dalam hidup mereka. Di Estonia, Republik Ceko, Denmark, Swiss, Inggris, Swedia, Latvia dan Finlandia sekitar 10 persen kurang orang yang mengatakan hal tersebut.

Pola di Asia Selatan dan Asia Tenggara tidak sekonsisten di Afrika sub-Sahara dan Eropa. Terlihat pada hasil survei di Indonesia hampir semua orang dewasa mengatakan bahwa agama sangat penting dalam kehidupan mereka. Berbeda dengan negara lain di Asia Tenggara yang persentasenya jauh lebih kecil. Sebagai contoh, di Singapura persentasenya hanya mencapai 36 persen dan Vietnam 26 persen.

Di Amerika Serikat, setidaknya angka mencapai 42 persen orang dewasa yang mengatakan bahwa agama sangat penting dalam kehidupan mereka. Ukuran ini berada di bawah median 102 negara lain yang mencapai 55 persen.

10 Negara Paling Religius di Dunia

  1. Indonesia
  2. Senegal
  3. Pakistan
  4. Mali
  5. Tanzania
  6. Sri Lanka
  7. Guinea-Bissau
  8. Honduras
  9. Rwanda
  10. Zambia

Sementara itu, pada pertanyaan terkait intensitas beribadah, lagi-lagi Indonesia menempati urutan paling atas dengan persentase 95 persen. Diagram ini menunjukkan Indonesia sebagai negara yang paling taat beribadah.

Di Asia Timur, tidak lebih dari 21 persen orang dewasa mengatakan mereka berdoa setiap harinya. Ini mencakup 13 persen orang di Hongkong dan 19 persen di Jepang.

Amerika Serikat berada di tengah-tengah dari 102 negara dan wilayah yang dianalisis. Sekitar 45 persen orang dewasa AS mengatakan mereka berdoa setiap hari.

10 Negara Paling Taat Beribadah di Dunia

  1. Indonesia
  2. Nigeria
  3. Senegal
  4. Irak
  5. Niger
  6. Chad
  7. Cameroon
  8. Djibouti
  9. Guatemala
  10. Guinea-Bissau

Hasil survei Pew Research Center ini menunjukkan bahwa kompleksitas pengukuran religiusitas secara global menanyakan orang-orang tentang pentingnya agama dalam kehidupan dan seberapa sering mereka berdoa memberi gambaran tentang tingkat religiusitas mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *