Bagaimana Bila Istri Selingkuh? Inilah Azab di Dunia dan Akhirat

Istri Selingkuh
Istri Selingkuh

Hajinews.co.idSelingkuh dilarang keras dalam Islam dan pelakunya akan mendapat azab di akhirat. Lantas apa azab istri selingkuh di dunia dan akhirat?

Islam mendefinisikan bahwa perselingkuhan juga bisa berujung pada perzinahan. Allah SWT dengan tegas melarang perilaku ini dan berfirman:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk”. (QS. Al-Israa: 32)

Dan bila seorang istri yang selingkuh, dampak buruknya terjadi pada tanggung jawabnya dalam rumah tangga, seperti menjaga kehormatan keluarga, melayani suami, mengurusi rumah tangga, dan sebagainya.

Dirangkum dari buku “Merajut Kebahagian Keluarga” karya Dr. Budi Sunarso, Islam telah menegaskan azab istri yang selingkuh di dunia dan akhirat sebagai berikut ini:

1. Allah SWT tidak akan mengajak bicara saat hari kiamat

Rasulullah SAW bersabda, “Tiga orang yang tidak akan diajak berbicara oleh Allah pada hari kiamat dan tidak akan dilihat serta disucikan, pun bagi mereka azab yang pedih; seorang tua yang berzina, raja yang pendusta, dan orang miskin yang congkak.” (HR. Muslim, An-Nasa’i, dan Ibnu Mandah dari Abu Hurairah).

2. Tidak ada keberkahan rezeki dalam hidup

Azab dunia bagi orang yang berselingkuh adalah akan sulit mendapatkan keberkahan rezeki. Pelakunya mungkin hidup tidak tenang dan dihadapkan dengan banyak cobaan, seperti mempunyai karier yang bagus, tapi selalu sakit-sakitan. Ini merupakan hukuman di dunia karena telah berzina dan mengkhianati pasangannya.

3. Dijilat api neraka

Pelaku zina akan dijilat oleh api neraka kelak. Azab ini terdapat dalam hadis Bukhari dan Muslim. Dalam hadis itu disebutkan bahwa Rasulullah didatangi oleh malaikat Jibril dan Mikail. Beliau berkisah,
“Kami berangkat pergi sehingga sampai di suatu tempat bagian atasnya sempit sedangkan bagian bawahnya luas. Dari situ terdengar suara gaduh dan ribut-ribut. Kami menengoknya, ternyata di situ banyak laki-laki dan perempuan telanjang. Jika mereka dijilat api yang ada di bawahnya, mereka melolong oleh panasnya yang dahsyat. Aku bertanya, ‘Wahai Jibril, siapakah mereka?’ Jibril menjawab, ‘Mereka adalah para pezina perempuan dan laki-laki. Itulah azab bagi mereka sampai tibanya hari kiamat.” (Diriwayatkan Al-Bukhari, Ibnu Hibban, Ath-Thabrani, dan Ahmad).

4. Dipandang rendah

Perselingkungan sangat bertentangan dengan nilai-nilai dan tata krama yang berlaku dalam masyarakat.
Karenanya, masyarakat akan cenderung memandang rendah orang-orang yang melakukan perselingkuhan dan mengkhianati pasangannya.

5. Tersiksa karena merasa bersalah

Orang yang melakukan perselingkuhan akan merasa tersiksa dan tertekan dalam menjalani kehidupannya. Itu merupakan bentuk karma karena sudah membuat orang di dekatnya sakit hati. Maka, orang yang berselingkuh juga akan merasa bersalah dan timbul rasa benci kepada diri sendiri.

Wallahu A’lam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *