Hikmah Malam : Setelah Jenazah Dikuburkan, Inilah 3 Hal Yang Terjadi di alam Kubur

3 Hal Yang Terjadi di alam Kubur
alam Kubur

Hajinews.co.idUmat Islam meyakini adanya alam Barzakh atau alam kubur dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya. Usai penguburan jenazah, kejadian luar biasa terjadi di kawasan ini.

Mengacu pada buku 76 Pertanyaan Seputar Alam Barzakh karya Syaikh Hamid Az-Zaini, barzakh adalah alam tempat tinggal orang mati sebelum dibangkitkan pada hari kiamat. Mengenai tahap pertama akhirat, Allah berfirman dalam surat Al-Mu’minun ayat 100:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

وَمِنْ وَّرَاۤىِٕهِمْ بَرْزَخٌ اِلٰى يَوْمِ يُبْعَثُوْنَ – 100

Artinya: “Di hadapan mereka ada (alam) barzakh sampai pada hari mereka dibangkitkan.”

Lantas, apa saja peristiwa menakjubkan yang akan mayat lewati usai selesai dimakamkan? Simak penjelasannya di bawah ini.

3 Peristiwa di Alam Barzakh Usai Jenazah Dikubur

Mengutip buku Negeri Akhirat oleh Ahmad Taufiq, setidaknya terdapat tiga peristiwa yang terjadi di alam barzakh setelah jenazah dikuburkan, yaitu:

  1. Pertanyaan Kubur

Berdasarkan sabda Nabi SAW, hal pertama yang terjadi yaitu datangnya dua malaikat yakni Munkar dan Nakir yang bertugas untuk menanyakan manusia di dalam kubur.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya bila seseorang telah dimasukkan ke dalam kubur, dan teman-temannya telah pergi meninggalkannya, dia benar-benar mendengar suara gesekan sandal mereka. Maka datanglah dua malaikat. Keduanya menyuruhnya duduk seraya berkata kepadanya, “Apa yang kamu katakan tentang orang ini, Muhammad SAW?” Adapun orang mukmin menjawab, “Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya.” Maka dikatakanlah kepadanya, “Lihatlah tempatmu di neraka, Allah telah menggantinya untukmu dengan suatu tempat di surga.” Maka dia melihat kedua tempat itu semuanya.”

Lanjut sabda Rasul SAW, “Adapun orang munafik dan kafir ditanya, “Apa yang kamu katakan tentang orang ini?” Maka dia jawab, “Saya tidak tahu. Saya hanya mengatakan seperti kata orang-orang.” Maka dikatakan kepadanya, “Kamu tidak tahu, dan kamu tidak membaca.” Lalu dia dipukul dengan palu-palu dari besi sekali pukul antara kedua telinganya. Maka menjeritlah dia dengan jeritan yang terdengar oleh makhluk-makhluk di sekelilingnya, kecuali jin dan manusia.” (HR Bukhari dari Anas bin Malik RA)

Imam Syamsuddin Al-Qurthubi dalam buku At-Tadzkirah Jilid 1: Bekal Menghadapi Kehidupan Abadi menjelaskan Munkar dan Nakir digambarkan sebagai malaikat dengan wujud hitam bertaring dan memiliki suara keras menggelegar. Keduanya memegang palu dari besi yang mampu menghancurleburkan gunung terbesar sekalipun.

Menurut riwayat, pertanyaan kubur yang dilontarkan meliputi siapa Tuhan yang disembah, agama yang dianut, nabi yang dijunjung, kitab suci yang dijadikan pedoman, dan kiblat yang dihadap. Manusia akan menerima perlakuan dari kedua malaikat dan menjawab pertanyaan ini sesuai keimanan dan amalnya selama di dunia..

  1. Azab Kubur

Di alam barzakh, siksa atau azab kubur akan didapatkan apabila manusia tidak beriman atau melakukan banyak dosa semasa hidupnya. Terjadinya azab kubur termuat dalam firman Allah SWT pada Surat Thaha ayat 124, yang artinya: “Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit.”

Menurut sahabat Abu Sa’id Al-Khudri dan Abdullah bin Mas’ud, “penghidupan yang sempit” pada ayat tersebut merujuk pada siksa kubur. Hal ini juga ditegaskan oleh Rasulullah SAW melalui sabdanya:

عَذَابِ الْقَبْرِ حَقٌّ

Artinya: “Azab kubur itu benar adanya.” (HR Bukhari)

Melalui sabdanya, Nabi SAW menyebutkan gambaran azab di dalam kubur. Bagi tiap-tiap kafir, siksaannya dapat berbeda antara lain dihajar oleh malaikat, dimakan oleh ular-ular besar, serta dipukul oleh malaikat dengan palu-palunya hingga tuli dan buta.

Menurut Imam Al-Qurthubi yang dikutip dari buku Ensiklopedia Kiamat oleh Umar Sulaiman Al-Asyqar, “Ketahuilah bahwa azab kubur tidak hanya terkhusus bagi orang kafir dan munafik saja, akan tetapi menimpa segolongan kaum mukmin. Semua tergantung amalnya serta akibat dosa dan kesalahannya.”

Sama seperti kaum kafir, azab kubur yang menimpa muslim yang berdosa juga berbeda-beda tergantung kesalahan yang dilakukan selama di dunia.

  1. Nikmat Kubur

Berbeda dengan muslim yang berbuat dosa dan kafir, mukmin yang taat dan senantiasa beramal dengan ikhlas tidak akan disiksa dalam kubur melainkan diberi kenikmatan oleh Allah SWT.

Disebutkan bahwa setelah mukmin dimakamkan maka amal-amal sholehnya akan datang untuk menjadi pembela baginya. Amal-amal itu akan bersaksi dan mengusir para malaikat azab yang hendak menyiksa mayat tersebut.

Rasulullah SAW bersabda: “Oleh karena itu maka dikatakan kepada jenazah itu, “Tidurlah dengan nyaman. Kamu baik ketika hidup dan baik ketika mati.” (Al-hadits)

Dalam sejumlah riwayat, nikmat kubur yang didapat orang beriman berupa kuburan yang dilapangkan dan dipenuhi kehijauan sampai hari kebangkitan kelak, dibukakan pintu surga, diberi wewangian dan pakaian dari surga, hingga dibangunkan rumah di surga.

Demikian beberapa peristiwa yang bakal terjadi setelah jenazah selesai dimakamkan. Wallahu a’lam.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *