5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Ketiak, Tak Cuman Hanya Rajin Mandi

Menghilangkan Bau Ketiak
Rajin Mandi

Hajinews.co.id – Bau ketiak merupakan masalah umum yang dialami banyak orang. Meski sering dikira berasal dari keringat, sebenarnya keringat itu sendiri berbau tidak sedap.

Nah, bau ketiak terjadi ketika keringat dari kelenjar apokrin berinteraksi dengan bakteri kulit sehingga menimbulkan bau khas yang disebut dengan bau badan. Meskipun ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan bau ketiak dan memerlukan perawatan medis, pada sebagian besar kasus, bau badan dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup sederhana.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa faktor yang mempengaruhi berkembangnya bau badan. Ini termasuk tingkat stres yang tinggi, kebiasaan kebersihan pribadi, berat badan dan kebiasaan makan. Misalnya, seringnya konsumsi makanan pedas dan berbau belerang menimbulkan bau tak sedap pada pori-pori.

Namun sebenarnya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bau ketiak. Berikut lima solusi ampuh untuk menghilangkan bau ketiak:

1. Rajin Mandi

Mandi lebih sering dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di kulit yang menyebabkan bau ketiak. Pastikan untuk membersihkan area ketiak dengan sabun antibakteri.

2. Cukur Bulu Ketiak

Apakah bulu ketiak menyebabkan bau? Secara teknis, tidak. Namun, bulu ketiak dapat menjebak kelembapan dan menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Mencukur atau memangkas bulu ketiak dapat membuat antiperspirant bekerja lebih efektif, mengurangi keringat di ketiak dan tampilan noda keringat di baju.

3. Cuci Pakaian Secara Teratur

Pakaian yang dipakai dalam waktu lama dapat menyerap keringat dan bakteri, sehingga menyebabkan bau tidak sedap. Cuci pakaian Anda secara teratur untuk mencegah bau badan.

4. Gunakan Deodoran

Deodoran membantu mengurangi bau dengan membunuh bakteri dan menutupi bau ketiak. Pilih deodoran yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk hasil yang optimal.

5. Lakukan Perubahan Gaya Hidup dan Pola Makan

Hal yang tak kalah penting untuk memerangi bau ketiak adalah mengubah pola makan dan gaya hidup. Hindari makanan yang dapat memicu bau, seperti makanan pedas dan berbau kuat, tetap terhidrasi, mengelola stres dengan baik, serta menjaga kebersihan diri.

Kapan Harus ke Dokter?

Keringat dan bau badan masalah umum yang sering diwajarkan dan mudah diatasi. Namun, jika keringat berlebihan dan bau ketiak mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, ini bisa menjadi tanda bromhidrosis atau kondisi medis lainnya. Konsultasikan dengan dokter jika:
– Anda mulai berkeringat di malam hari.
– Anda mengalami peningkatan keringat yang tidak bisa dijelaskan.
– Anda mengalami keringat dingin.
– Tubuh Anda mengeluarkan bau yang tidak biasa seperti buah atau pemutih, yang bisa menjadi indikasi awal kondisi seperti diabetes, masalah hati, atau penyakit ginjal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *