Hikmah Pagi: Pangan dan Rasa Aman

Pangan dan Rasa Aman
Pangan

Hajinews.co.idSetiap anggota masyarakat yang tinggal di belahan dunia mana pun ingin memiliki pangan yang cukup dan rasa aman. Oleh karena itu, setiap penguasa di daerahnya selalu berusaha menyediakan kebutuhan pangan sendiri atau mendatangkannya dari tempat lain.

Kebutuhan pangan merupakan salah satu aspek yang harus dicapai oleh setiap makhluk hidup dengan melakukan usaha agar dapat memenuhi serta mempertahankan keberlangsungan dalam aspek kehidupan. Adapun dalam pandangan Islam adalah : Kebutuhan pangan merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh seluruh umat muslim sebab menjadi sarana mendekatkan diri dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Adapun pengaruh makanan terhadap kehidupan manusia sangat besar pengaruhnya kepada jiwa seseorang, diantaranya akan makbul doanya, membuat jiwa jadi tenang, maka suatu suapan yang haram ke dalam perutnya, maka tidaklah akan diterima amalnya selama empat puluh hari, makanan yang tidak baik akan merusakkan kesehatan dan merusakkan juga bagi akal budi. Oleh karena itu tuntunan Islam adalah disamping halal juga thoyyib, agar hati kita tidak menjadi keras dan tidak mau menerima kebenaran.

Kebutuhan pangan juga perintah agama, terkait hifz an nafs (menjaga jiwa) atau bahkan menjaga hifz ad din (menjaga agama), karena orang yang tidak bisa mengakses pangan biasanya orang miskin, dan kemiskinan, kefakiran itu cenderung kepada kekufuran. Sehingga ketahanan pangan ini sebetulnya juga masalah yang holistik.

Sebagaimana kekuasaan-Nya telah memberikan karunia kepada hamba-hambanya seperti dalam surah Yasin ayat 34-35 yang terjemahannya, “Dan kami telah jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur, dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka apakah mereka tidak bersyukur?”

Kelalaian manusia sering terjadi karena bisikan setan, sehingga kurang bersyukur atas nikmat-nikmat-Nya. Hal ini terjadi pada kaum Quraisy, padahal mereka diberikan kemampuan berdagang sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangannya dengan harapan mereka mengagungkan-Nya dan tidak menyekutukan. Sebagaimana dalam firman-Nya surah Quraisy ayat 3 dan 4 yang terjemahannya, “maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka’bah). Yang telah memberi mereka makanan untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut.”

Makna kedua ayat tersebut adalah : Mereka pergi berniaga tiap tahun dengan aman dan sentosa. Oleh karena itu maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini, yaitu Ka’bah, dengan pengabdian yang hakiki dan tidak mempersekutukan-Nya, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah mereka terima. Tuhan Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar, memenuhi kebutuhan dasar mereka, dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan. Terpenuhinya kebutuhan akan makanan dan rasa aman merupakan dua prasyarat penting yang menjamin kesejahteraan suatu masyarakat. Kemampuan berdagang kaum ini telah terbukti dan itu merupakan anugerah dari-Nya, oleh sebab itu bersyukur dan menyembah-Nya merupakan keharusan.

Wahai para calon pemimpin dan pemimpin, apakah sebagai pemimpin daerah kabupaten/kota, propinsi maupun negara maka penuhilah kebutuhan dasar masyarakat berupa kecukupan pangan dan rasa aman. Keharmonisan dalam kehidupan akan tercipta jika kedua kebutuhan dasar itu telah terpenuhi. Seorang pemimpin hendaknya mempunyai sifat al-Mukmin yang artinya bisa memberikan rasa aman.

Dalam surah al-An’am ayat 82 yang terjemahannya, “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), merekalah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mendapat petunjuk.”

Ayat ini menjelaskan karena sama sekali tidak ada jawaban dari kaum Nabi Ibrahim yang durhaka tersebut, akhirnya Nabi Ibrahim sendiri menegaskan sebuah prinsip penting bahwa orang-orang yang beriman kepada Allah Yang Maha Esa dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman, yakni syirik. Mereka itulah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah SWT. Mereka adalah orang-orang yang mendapat rasa aman dari Allah SWT. yang mereka sembah, dan mereka mendapat petunjuk secara sempurna.

Adapun kesimpulan untuk mendapatkan rasa aman adalah dengan berserah diri pada-Nya, sikap ini bukanlah pasrah dan pasif namun aktif dengan melakukan upaya-upaya. Berserah diri itu hendaknya diikuti siap taat, siap diatur karena segala kehidupan makhluk diatur oleh-Nya. Dengan bersikap tersebut, seseorang akan optimis dalam masa depan dan tidak bersedih untuk masa lalunya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang taat, beriman dan berserah diri, sehingga Allah SWT. akan mencukupkan kebutuhan dan melindungi dengan rasa aman.

Aunur Rofiq

Ketua DPP PPP periode 2020-2025

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *