Hikmah Malam: 9 Tanda-Tanda Kematian Yang Akan Segera Terjadi Menurut Imam Ghazali

Tanda Kematian Yang Akan Segera Terjadi
tanda Kematian

Hajinews.co.idKematian merupakan rahasia yang hanya diketahui oleh Allah. Setiap makhluk hidup akan menemui kematian, sebagaimana diperintahkannya dalam surat Al Anbiya ayat 34.

وَمَا جَعَلْنَا لِبَشَرٍ مِّنْ قَبْلِكَ الْخُلْدَۗ اَفَا۟ىِٕنْ مِّتَّ فَهُمُ الْخٰلِدُوْنَ ٣٤

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Artinya: “Kami tidak menjadikan keabadian bagi seorang manusia pun sebelum engkau (Nabi Muhammad). Maka, jika engkau wafat, apakah mereka akan kekal?”

Berkaitan dengan kematian, ada sejumlah tanda yang terlihat ketika manusia akan menghadapi ajal seperti diterangkan oleh Imam Al Ghazali. Namun, perlu diingat, tanda kematian yang dialami seseorang dapat berbeda-beda. Mengutip tulisan bertajuk Kematian dalam Al-Qur’an: Perspektif Ibn Kathir oleh Abdul Basit dan Misteri Kehidupan Alam Barzakh karya Ipnu Rinto Nugroho, berikut pembahasannya.

Tanda Kematian Akan Datang Menurut Imam Al-Ghazali

  1. Menggigil Hebat

Seseorang yang ajalnya sudah dekat, seluruh tubuhnya akan menggigil hebat. Hal ini terjadi setelah waktu Ashar, tepatnya 100 hari sebelum kematian datang.

Meski begitu, tanda ini tidak akan timbul pada orang yang hanyut dalam kenikmatan dunia tanpa memikirkan kematian.

  1. Nafsu Makan Meningkat

Tanda selanjutnya adalah meningkatnya nafsu makan seseorang. Dikatakan, nafsu makan berubah-ubah jelang 7 hari sebelum kematian datang.

Nafsu makan yang meningkat ini adalah tanda yang diberikan kepada orang yang diuji dengan musibah sakit. Biasanya akibat penyakit yang diderita, mereka tidak berselera. Namun jelang kematian secara tiba-tiba nafsu makannya melonjak.

  1. Sakit pada Bagian Dada dan Perut Atas

Sakit pada bagian dada dan perut atas juga termasuk salah satu tanda kematian akan datang. Rasa sakit muncul ketika masuk waktu Ashar.

  1. Pusar Berdenyut

Jelang 40 hari sebelum ajal datang, tepatnya pada waktu Ashar maka seseorang mulai merasa bagian pusarnya berdenyut. Munculnya tanda ini sama dengan daun yang bertuliskan nama seorang muslim di Arsy telah gugur.

Ketika daun tersebut gugur, malaikat maut akan mengambilnya dan membuat persiapan untuk menjembut. Jika sudah selesai, malaikat akan datang dalam wujud manusia.

  1. Telinga Layu dan Kesulitan Menggerakkan Kaki

Saat seseorang akan meninggal dunia, maka telinga mereka akan layu dan ujungnya semakin masuk ke dalam. Selain itu, telapak kaki perlahan jatuh ke depan karena kaku dan kaki berujung sulit digerakkan.

  1. Ubun-ubun Berdenyut

Tanda ajal seseorang sudah dekat adalah ubun-ubun yang berdenyut sehari sebelum kematian. Artinya, muslim tidak akan menemui waktu Ashar keesokan harinya.

  1. Mata Sayu dan Hidung Menurun

Mata seseorang akan menjadi sayu dan tidak bersinar lagi ketika ajal akan menjemputnya. Selain itu, hidung semakin menurun dan masuk ke dalam, biasanya tanda ini terlihat dari bagian samping.

  1. Dahi Berdenyut

Selain terjadi di ubun-ubun dan pusar, dahi orang yang akan meninggal dunia juga akan terasa berdenyut kencang. Tanda ini terjadi jelang 3 hari sebelum kematian.

Denyutan yang luar biasa itu terjadi pada dahi tengah. Menurut pendapat ulama, jika hal ini sudah terjadi hendaknya muslim segera bertobat dan berpuasa agar perut tidak berisi banyak najis sehingga memudahkan orang yang akan memandikan jenazahnya.

  1. Kemunculan Hawa Sejuk

Tanda terakhir yang dirasakan pada muslim yang akan meninggal dunia adalah kemunculan hawa sejuk. Ini terjadi pada bagian pusar, turun ke pinggan dan naik ke sekitar jakun atau pangkal leher.

Hawa sejuk ini dapat dirasakan juga oleh keluarga yang akan ditinggalkan. Saat-saat seperti ini dianjurkan untuk memperbanyak bacaan kalimat tauhid dan istighfar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *